UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Senin, 04 Maret 2013

Anak Sapi Kembar Dengan Inseminasi Buatan?

Anak sapi kembar dari hasil inseminasi buatn kadang bisa kita temukan pada beberapa kelahiran pedet. Tidak ada metode atau cara aspesifik agar telahir anak sapi yang kembar, terjadinya kembar ini bukanlah karena keahlian dari sang Iseminator tapi itu terjadi secara kebetulan. Pembelahan sel telur yang telah dibuahi inilah yang menyebabkan terjadinya anak kelahiran kembar pada sapi. Sangat beruntung jika ditemukan kelahiran kembar pada anak sapi namun ada juga kerugian ketika kita mendapatkan anak sapi yang kembar.

Keuntungan anak sapi kembar:
  1. Pada satu kali proses reproduksi dihasilkan dua anak sapi, ini tentu saja sangat menguntungkan dari segi kuantitas.
  2. Jika ditemukan kelahiran anak sapi kembar berjenis kelamin betina + betina, biasanya anak sapi ini harganya akan lebih mahal, sebab kemungkinan besar anak sapi betina ini nantinya juga dapat menghasilkan anak sapi kembar berikutnya.

Kekurangan anak sapi kembar:
  1. Umumnya anak sapi kembar akan kekurangan air susu induk (khusus pada sapi potong) sehingga perkembangan anak sapi kembar tersebut agak terhambat.
  2. Jika kelahiran anak sapi Jantan + Betina, maka anak sapi betina ini kemungkina besar akan mandul (tidak bisa menghasilkan keturunan). Hal ini sering disebut dengan kreamatin.
anak sapi fh hasil inseminasi buatan

Banyak sekali peternak yang sering meminta agar inseminator dapat memberikan anak sapi kembar kepada mereka, padahal anak sapi kembar tersebut bukanlah hasil dari kemampuan sang inseminator, samapai saat ini yang bisa ditentukan dengan inseminasi buatan baru sebatas jenis anak sapi yang dihasilkan (Simmental. Limosin, FH, Brangus, Angus, Ongol, Po, Brahman dan sebagainya) dan jenis kelamin anak sapi yang akan dihasilkan. Saat ini sudah tersedia bibit (semen) khusus sperma pembawa kromosom sapi betina dan jantan. Selain itu ada juga cara untuk menghalsikan jenis kelamin anak sapi dengan pengaturan waktu inseminasi buatan.

Biasanya jika inseminsi buatan dilakukan diawal waktu birahi maka anak sapi yang akan dihasilkan adalah betina dan sebaliknya jika IB dilaksanakan pada masa akhir birahi kemungkinan anak yang akan dihasilkan adalah jantan. Hal ini didasarkan pada kecepatan bergerak dari sperma dimana sperma jantan memiliki kecepatan gerak yang lebih cepat dibanding sperma pembawa kromosom betina.

Dengan mengetahui hal ini diharapkan para peternak sapi tidak lagi mempermasalahkan inseminator dalam menghasilkan anak sapi kembar di masa yang akan dating sebab anak sapi kembar diluar kekuasaan dari sang Inseminator. Yang paling penting dalam reproduksi sapi adalah kita mendapatkan anak sapi yang sehat dan memiliki postur badan yang normal. Setelah pedet lahir segera beri air susu induk agar mendapatkan kolostrum yang cukup demi kesehatan anak sapi pada perkembangannya nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar