UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Selasa, 05 Maret 2013

Prediksi Soal UN Bahasa Indonesia SMA/MA Jurusan IPA dan IPS Tahun 2013 Paket 2



Prediksi Soal UN Bahasa Indonesia SMA/MA
Jurusan IPA dan IPS Tahun 2013
Berikut ini adalah soal prediksi UN Bahasa Indonesia untuk tingkat SMA, soal ini berasal dari soal Try Out UN SMA/MA tahun lalu, semoga soal ini dapat dijadikan bahan latihan untuk mempersiapkan diri menghadapi UN 2013.
Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal 1dan 2!
Banyak alasan orang tidak hobi atau tidak suka membaca. Mereka mengganggap kegiatan membaca itu merupakan kegiatan yang menyita waktu sehingga membosankan. Yang paling parah lagi, ada yang mengatakan membaca kurang bermanfaat bagi dirinya. Ada pula yang berpandapat kalau orang hobi membaca akan menjadikannya ia pemalas karena waktu dihabiskan hanya untuk membaca. Banyak juga yang berpendapat membaca juga menimbulkan kejenuhan.
1. Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Pendapat tentang membaca
B. memahami tujuan membaca
C. waktu tersedia untuk membaca.
D. alasan tidak hobi membaca
E. kejenuhan dalam membaca

2. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat urutan ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
E. kelima

3. Cermatilah paragraf berikut!
Kenaikan harga beberapa bahan pokok diindikasi sebagai akibat dari permainan para pedagang untuk memperoleh keuntungan. Daging sapi masih stabil dengan harga Rp70.000,00 per kg. Indikasi tersebut dapat dilihat dari ketersediaan bahan pokok yang jumlahnya mencukupi dibandingkan dengan jumlah permintaan. Adapun harga bahan pokok yang melonjak di antaranya sayur-mayur, seperti kentang, cabai merah, dan bawang merah. Selain itu, telur ayam, gula, terigu, dan beras juga mengalami kenaikan berarti.
Kalimat penjelas yang tidak padu pada paragraf tersebut terdapat pada urutan ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
E. kelima
 
Cermati kutipan biografi R.A. Kartini berikut untuk menjawab soal 4 dan 5!
Kita mengetahui bahwa di samping R.A. Kartini ada pahlawan wanita yang bernama Christina Marta Tiahahu yang dikatakan perpartisipasi menginspirasi kesetaraan gender dan pemberi semangat kaum perempuan dalam merebut kemerdekaan. Dia membantu mendirikan kubu pertahanan dan mengatur strategi perang. Dia juga dianggap telah membuka kesadaran akan potensi yang dimiliki kaum wanita dan menunjukan kepada kaum laki-laki bahwa kemampuannnya patut diperhitungkan. Dia membuktikan bahwa dia seorang patriotik sejati, yaitu pada usia tujuh belas tahun ikut berjuang. Padahal pada masa itu dia masih lemah untuk berperan serta dalam perjuangan.

4. Mengapa Christina Marta Tiahahu digolaongkan sebagai patriotik sejadi?
A. Pada usia tujuh belas tahun sudah berperan serta dalam perjuangan bangsa.
B. Mengajak masyarakat menyukai dan mengidolakan para pahlawan perempuan.
C. Christina Marta Tiahahu berjuang tidak takut mati dalam membela kaumnya.
D. Dia memberi semangat kepada para kaumnya supaya tidak selalu lemah.
E. Dia sebagai perempuan yang berani layaknya laki-laki yang gagah perkasa.

5. Kemenarikan tokoh Christina Marta Tiahahu dalam kutipan biografi tersebut adalah ...
  • A. Dia bertekad menyetarakan dirinya dengan wanita pejuang Indonesia seperti Raden Ajeng Kartini. 
  • B. Berambisi untuk memiliki kesetaraan dengan kaum lelaki dalam berbagai hal, termasuk berperang. 
  • C. Menginspirasi dan memberikan semangat kepada kaum perempuan untuk tidak menjadi penakut dan lemah. 
  • D. Dia sanggup mendirikan kubu pertahanan dan mengatur strategi sehingga tidak meragukan kemampuannnya. 
  • E. Dia seorang patriotik sejati pada usia tujuh belas tahun sekalipun dia masih lemah dalam berjuang.

 Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal 6 dan 7!
Pertambangan batu bara di Indonesia telah berlangsung empat puluh tahun lebih sejak keluarnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1967 tentang pokok-pokok pertambangan yang kemudian diganti dengan Undang-Undang Pertambangan Mineral dan Batubara Tahun 2009. Undang-undang ini telah menjadi landasan eksploitasi sumber daya mineral dan batu bara secara besar-besaran untuk mengejar pertumbuhan ekonomi. Industri batu bara Indonesia telah berkembang dengan pesat dalam waktu singkat. Dengan demikian, perubahan undang-undang berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

6. Simpulan isi paragraf tersebut adalah
A. Program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan pastilah akan terwujud .
B. Produksi batu bara telah membuka lapangan kerja untuk para pengangguran.
C. Perubahan undang-undang berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi.
D. Perubahan undang-undang berdampak negatif terhadap perkembangan batu bara.
E. Pertambangan batu bara di Indonesia telah berlangsung empat puluh tahun lebih.

7. Arti eksploitasi dalam paragraf tersebut adalah ....
A. Pemanfaatan sesuatu yang memberikan keuntungan untuk hanya diri sendiri.
B. Pemerasan tenaga orang lain untuk memperoleh keuntungan yang sangat besar.
C. Pengusahaan industri dengan cara besar-besaran dalam bidang pertambangan.
D. Perencanaan dengan sungguh- sungguh atas sesuatu yang akan diusaha seseorang.
E. Pengerukan kekayaan secara besar-besaran tanpa memperhatikan lingkungan.
8. Bacalah kutipan tajuk rencana berikut!
Penduduk Batam baru jutaan tentu masih lebih mudah dilakukan langkah pensejahteraan saat ini. (2) Batam menjadi sebuah kawasan investasi yang pertumbuhan ekonominya di atas rata-rata, pertumbuhan ekonomi nasional. (3) Kelak jumlah penduduk akan terus bertambah, tentu di masa itu akan lebih susah. (4) Bila ingin menyejahterakan rakyat, hanya satu kuncinya, itikad dan kemauan. (5) Dengan demikian, desakan harus senantiasa dilakukan agar Pemda Kota selalu ingat, bukan gaji yang diminta, tetapi kesejahteraan.
Opini editoria/penulisl dalam tajuk rencana dalam kutipan tersebut terdapat pada kalimat urutan ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
E. kelima

Cermati data tabel berikut menjawab soal 9 dan 10!
Kewajiban Penyelarasan Pendidikan Karakter
dengan Budaya Siswa di Sumatra Barat
No
Jenjang Sekolah
Kewajiban Pendidikan karakter
Kewajiban Budaya
1
SD selama 6 tahun
8 karakter
4 jenis budaya
2
SMP selama 3 tahun
12 karakter
8 jenis budaya
3
SMA selama 3 tahun
18 karakter
6 jenis budaya

9. Isi yang sesuai dengan tabel tersebut adalah ...
A. Penerapan kewajiban pendidikan karakter di SD lebih tinggi daripada SMP.
B. Kewajiban pendidikan karakter di SD separuh kewajiban budaya.
C. Kewajiban penerapan karakter dan budaya di SMP sama banyak dengan SD.
D. Penerapan kewajiban pendidkan karakter dan budaya di SMP paling sedikit.
E. Penerapan budaya di SMA lebih banyak daripada kewajiban karakter.

10. Kesimpulan yang sesuai dengan tabel tersebut adalah ...
  • A. Kewajiban pendidikan karakter SD dengan kewajiban budaya di semua tingkat sekolah berbanding selaras. 
  • B. Penerapan kewajiban pendidkan karakter di SMP lebih rendah daripada kewajiban budaya SMA. 
  • C. Kewajiban budaya di SMA lebih rendah daripada penerapan kewajiban karakter di tingkat SD. 
  • D. Penerapan kewajiban pendidikan karakter di setiap jenjang pendidikan lebih tinggi daripada kewajiban budaya. 
  • E. Kewajiban pendidikan karakter di SMP lebih tinggi apabila dibandingkan dengan pendidikan karakter di SMA.

Bacalah kutipan hikayat Nahkoda Muda berikut untuk menjawab soal 11 s.d. 13!
Setelah didengarnya kata ayahanda demikian itu, tiadalah ia berlayar jauh-jauh lagi si Tajan itu, selalu dari Piabung lalu ke nenggeri Bantan saja pelayarannya, ada hinggan semusim lamanya. Maka digelari orang si Tajan Nahkoda Muda. Itulah gelarnya, melainkan tiada lain kerjanya berlayar pada tiap-tiap musim membawa lada lalu ke Bantan. Syahdan ada empat lima musim ia berlayar itu, maka bapaknya sakit terlalu keras. Maka dipanggilnya anakanda itu, demikian katanya Nahkoda Mangkuta kepada anakanda Nahkoda Muda: ”Hai anakku dan buah hatiku dan cahaya mataku, melainkan pegang petaruhku, ya anakku, baik-baik! Jikalau sampai hukum Allah kepadaku, sepeninggalku mati jangan anakku membuat utang! Jikalau tiada modal berlayar, kayu di rimba potong, jual buat modal, ikan di laut pancing, jualkan buat modal berlayar. Jangan anakku berani berutang kepada raja-raja atau kepada Kompeni atau pada orang banyak. Itu pesanku, ya anakku!”

11. Isi hikayat tersebut adalah ...
  • A. Pesan seorang kepada anaknya agar tidak berutang dan menganjurkan mencari modal sendiri. 
  • B. Kasih sayang seseorang ayah terhadap anaknya yang membuat dirinya disayang oleh anakanaknya. 
  • C. Nasihat seorang ayah kepada anaknya agar berhati-hati dalam pergaulan hidup dengan seseorang. 
  • D. Seorang anak memelihara atau menjaga budi pekerti baik, rasa kemanusiaan, dan tunduk pada perintah. 
  • E. Seorang anak yang berbudi pekerti baik sehingga disayang dan disukai oleh orang banyak di lingkungannya.

 12. Nilai moral yang terkandung dalam kutipan hikayat tersebut adalah ...
A. Orang tua yang menyuruh anaknya berusaha secara maksimal.
B. Orang tua yang mengharapkan anak berhasil dengan berbagai cara.
C. Anak yang tidak menyukai aturan- aturan dari orang tuanya.
D. Anak yang tidak mendengarkan tunjuk ajar orang tuanya
E. Orang tua yang selalu memberikan nasihat baik kepada anaknya.

13. Karakteristik sebuah hikayat yang tergambar dalam kutipan tersebut adalah ....
A. isinya mengungkapkan kemustahilan
B. tokohnya binatang atau fabel
C. penggunaan bahasa Melayu Klasik
D. kisah seputar raja atau istanasentris
E. mengungkapkan kesaktian seseorang

14. Bacalah dialog berikut!
Adek      : Tidak, Bang. Saya tidak setuju. Titik!
Abang    : Kenapa kau tidak setuju?
Adek     : Bukankah pembagian itu adil? Laki-laki dapat dua bagian, sedangkan perempuan dapat satu bagian. Begitu hukumnya.
Abang  : Hukum? Apa itu hukum? Saya tetap akan membagi seperti yang saya jelaskan itu. Titik.
Adek   : Abang memang ... , tidak mau mendengarkan saran adik-adik Abang. Kami harus tetap  ..mengikuti aturan Abang, ya.
Abang : Tentu, tentu saja, itu tidak boleh diganggu gugat lagi. Kalian paham?

15. Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kutipan drama yang rumpang tersebut adalah ....
A. berpikiran sempit
B. keras kepala
C. hati beku
D. sempit hati
E. bermuka dua
16. Cermati paragraf berikut!
Mengapa abang saya berperilaku seperti itu sekarang? Padahal ibu kami sudah menasihati agar sepeninggal beliau, kami tetap seia sekata. ... Namun, ia tidak lagi menghiraukan keharmonisan antara kami bersaudara. Tampaknya malah abang yang memecah belah di antara kami. Kami seakan diadudomba satu sama lainnya. Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang dalam paragraf tersebut adalah ...
A. Hendaknya kini abang saya menaati nasihat ibu kami itu.
B. Hendaknya dijaga keharmonisan dalam rumah tangga.
C. Kami sebetulnya sangat menyayangi abang kami itu.
D. Sebaiknya keributan di rumah tangga harus diatasi.
E. Tidak ada yang mau mengalah dalam berbagai masalah.

Cermati paragraf paragraf berikut untuk menjawab soal 16 s.d. 19!
Sementara itu Martini bersiap untuk mendengarkan dengan seksama penuturan ibunya. ”Tiga bulan lalu rumah yang dibuat suamimu atas biaya dari kamu sudah jadi. Letaknya di dusun sebelah sana. Namun, sejak itu pula kesengsem sama seorang wanita. Wanita itu adalah tetangga barunya. Dua bulan lalu mereka menikah dan meninggalkan Andra bersama si Mbok. Tentu saja si Mbok marah  besar kepadanya. Namum, apa daya, si Mbok hanyalah wanita yang sudah renta, sedang ayahmu sudah tiada, dan uang yang si Mbok pegang pun pas-pasan. Mau mengirim surat kepadamu si Mbok tidak bisa, kamu tahukan si Mbok buta huruf. Mau minta tolong kepada siapa lagi, sedangkan kamu adalah anakku satu-satunya. Kamu tidak mempunyai saudara yang bisa si Mbok mintai tolong untuk mengirimkan surat kepadamu, sedangkan anakmu, Andra masih kelas 1 SD”.
Mendengar penuturan ibunya, Martini langsung menangis, ia sedih, marah dan kalut. ”Mengapa si Mbok tidak melaporkannya ke Pak Kadus dan Pak Kades, dan beliau pun sudah berjanji untuk membantu si Mbok. Namun, sampai saat ini si Mbok belum mendapatkan jawabannya. Sedangkan suamimu sendiri dan istri barunya, tampak tak peduli dengan suara-suara miring para tetangga. Dan untuk lapor ke KUA, si Mbok tidak berpikir sampai ke situ, maafkan si Mbok,” tambah ibunya dengan suara yang terdengar bergetar.

17. Amanat yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Dengarkan nasihat yang baik dari orang-orang di sekitar kita, termasuk orang tua kita.
B. Janganlah terlalu mengatur kehidupan dan perekonomian anak yang sudah berkeluarga.
C. Siapa pun tetap akan berdosa apabila melawan kepada suami, apalagi kepada orang tua.
D. Seorang suami harus membiayai keluarga, setia terhadap istri, dan adil terhadap istrinya.
E. Orang tua hendaklah mengarahkan sesuatu yang baik kepada anaknya, bukan yang buruk.

18. Cara pendeskripsian watak si Mbok seorang yang tidak berdaya adalah ....
A. secara langsung
B. dialog antartokoh
C. pikiran-pikiran tokoh
D. tanggapan tokoh lain
E. lingkungan di sekitar tokoh

 19. Apa yang membuat Martini sedih terhadap suaminaya?
A. Martini merasa marah, kecewa, terhadap sikap suaminya.
B. Rasa dendam Martini terhadap suaminya yang beristri lagi.
C. Rasa jengkel Martini terhadap suaminya yang tidak pulang.
D. Kemarahan suami Martini yang tidak terkendalikan.
E. Perasaan sangat malu Matini atas tingkah laku suaminya.

20. Bacalah bait gurindam berikut!
Pekerjaan marah jangan dibela
Nanti hilang akal di kepala
Maksud gurindam tersebut adalah ...
A. Akal manusia dapat diputarbalikan apalagi dibantu dengan emasi yang sanagt tinggi.
B. Manusia pemarah akan selalu membela sikap dan tingkah lakunya yang diperbuatnya.
C. Seseorang yang dirasuki kemarahan, tidak dapat lagi dikendalikan oleh akal pikiran sehat.
D. Manusia selalu hilang akal dan selalu mendahulukan kemarahan dan selalu membela diri.
E. Manusia selalu membela kemarahan akan berusaha untuk menyembunyikan pikirannya.

21. Bacalah bait pantun berikut!
Gunung Daek timang-timangan
Tempat kera bermanja diri
Budi yang baik kenang-kenangan
Budi yang jahat buang sekali
Karakter pantun sesuai contoh tersebut adalah ....
A. satu bait 4 larik, memiliki sampiran dan isi, bersajak aa, aa
B. tidak memilki bait, semu larik berupa isi, bersajak ab, ab
C. satu bait 4 larik, semu larik berupa isi, bersajak aa, ab
D. satu bait 4 larik, memiliki sampiran dan isi, bersajak ab, ab
E. tidak memilki bait, memiliki sampiran dan isi, bersajak ab, ab

Cermati puisi berikut untuk menjawab soal 22 s.d. 24!
Alamku Ini
Awan berarak
Seiring waktuku yang kerontang
Angin berdiri menepi
Sejenak beri kesejukan
Kuda berlari terkikik
Tinggal jejak kaki
Di antara rumputan misteri
Alamku ini memang begini
Dapat dipastikan
Perubahan yang terhenti

 22. Makna kias kering kerontang pada bait puisi tersebut adalah ....
A. penyesalan
B. kesunyian
C. keputusasaan
D. penderitaan
E. kekecewaan

23. Maksud puisi tersebut adalah ...
A. Seseorang yang tidak mau lagi memperdulikan kehidupannya .
B. Ketidakpedulian seseorang terhadap kehidupan orang lain.
C. Kekecewaan seseorang atas nasib yang menimpa orang lain.
D. Penyesalan terhadap apa yang menimpa dirinya sendiri.
E. Keputusasaan menghadapi masalah hidup yang dialaminya.

24. Suasana yang tergambar dalam puisi tersebut adalah ....
A. galau
B. gelisah
C. sedih
D. harmonis
E. takacuh

25. Bacalah dengan saksama paragraf berikut!
(1). Puisi sebagai salah satu jenis sastra merupakan karya yang memerlukan keterampilan seni bahasa khusus. (2). Segala unsur seni kesastraan mengental dalam puisi. (3). Ini dapat dirasakan sewaktu membaca puisi, dirasakan suatu kenikmatan seni sastra yang khusus bahkan merupakan puncak kenikmatan seni sastra. (4). Dari dahulu hingga sekarang karya sastra puisi memiliki keindahan yang  dinikmati secara khusus pula.(5). Dengan demikian, kemampuan penulis puisi menggunakan diksi sangatlah penting dalam mengungkapkan sesuatu dengan memikirkan keindahan atau konsep estetika, tetapi mengandung nilai-nilai dan pesan-pesan bermakna.
Kalimat simpulan pada esai tersebut terdapat pada urutan ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempet
E. kelima

26. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Banjir yang melanda dua kecamatan, yakni Kundur dan Kundur Utara menyebabkan aktivitas warga
lumpuh. Warga merasa kebingungan ... mereka tidak dapat bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Banjir juga menyebabkan ribuan hektare lahan tanaman karet, kelapa sawit ... tanaman sayur terendam. Mereka sangat khawatir ... banjir melanda setiap hujan lebat. ..., mereka mengimbau pemerintah setempat untuk segera memberikan bantuan untuk mengatasi hal ini. Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. sehingga, sementara itu, karena
B. karena, dan, jika, oleh sebab itu
C. bahkan, atau walaupun, tetapi
D. dan, tetapi dengan, serta
E. atau, karena, walaupun, jika

27. Cermati paragraf berikut!
Gerakan Jumat bersih sudah berjalan baik di lingkungan kami. Tampak pemandangan di beberapa kecamatan di lingkungan kami, bersih dan asri. Terasa, lingkungan menjadi indah dan nyaman. Dengan demikian, lingkungan pun terhindar dari berkembangnya ... penyakit dan bakteri berbahaya. Terbukti kini penduduk sudah menyadari ... kesehatan. Mereka juga telah menerapkan ... tong sampah basah dan kering di halaman rumanya.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. virus, hakikat, sistim
B. pirus, hakekat, sistym
C. virus, hakikat, sistem
D. pirus, hakekat, sistem
E. virus, hakikat, sistim

28. Cermatilah paragraf berikut!
Pembangunan pertanian memasuki era globalisasi. Hal ini perlu ... yang serius demi pembangunan masyarakat petani itu sendiri. Masyarakat petani di pedesaan perlu diberikan ... dan arahan dalam mengelola ... secara benar. Dengan demikian, pertanian Indonesia mampu ... dengan negara lain. Kata berimbuhan dan kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
A. diperhatikan, penyuluh-penyuluh, bertani, tersaing
B. perhatian, penyuluhan-penyuluhan, pertanian, bersaing
C. memperhatikan, suluh-menyuluh, pertani, menyaingi
D. diperhatikan, menyuluh-nyuluh, pertanian, disaingi
E. perhatian, suluh-suluhan, petanian, disaingi

29. Cermati paragraf berikut!
Lukisan itu unik sekali. ... Bila diamati dari jauh seakan gambar dua wajah orang yang sedang berhadapan, yaitu wanita berlambut sebahu dan pria berambut pendek. Bila diamati dari dekat, gambar tersebut seperti cerana tempat sirih yang berbentuk dulang berkaki. Permukaan gambar diberi warna cat gelap dengan celah putih antara wajah atau tangkai cerana.

Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi kalimat kedua paragraf tersebut adalah ...
A. Gambarnya abstrak.
B. Pewarnaanya indah.
C. Belum ada tandingannya.
D. Dilukis pelukis terkenal.
E. Harganya mahal sekali.

30. Cermati paragraf berikut!
Malam itu dingin sekali. Cuaca di luar rumah gerimis. Lampu-lapu mati sehingga agak gelap . Dari kejauhan terdengar lolongan anjing. Suaranya enak benar terdengar. Saya membayangkan seakan berada di tengah pekuburan. Tiba-tiba tengkukku ada yang menyentuh. Aku spotan menjerit sangat deras sehingga membangunkan kakakku yang sedang lelap tidur. Perbaikan frasa yang tepat untuk yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ...
A. takut sekali, amat nyaring, kuat sekali
B. sangat gelap, amat nyaring, kuat sekali
C. sangat gelap, seram sekali, sangat keras
D. takut sekali, amat nyaring, sangat keras
E. gelap amat, amat nyaring, kuat sekali

31. Bacalah dengan saksama paragraf berikut ini!
Karakter bangsa menurut para ahli berkurang intensitasnya apabila perkembangannya mengikuti arus yang tidak terarah. Arahan yang baik dan terfokus, akan membentuk karakter yang diinginkan. Perkembangan zaman berandil besar terhadap karakter terlebih pada arah buruknya. Laksana balon karet berwarna ketika dikembangkan. Balon akan tampak indah kila dittup sesuai dengan porsinya atau warna balon ikut mengembang sebatas yang diinginkan. Jika balon semakin besar ditiup melebihi kapasitasnya, akan semakin pudar warnanya. Intensitas warna semakin berkurang karena warna-warna mengembang tidak sesuai porsinya. Jadi, keberhasilan pembentukan karakter bangsa kepada siswa harus sesuai porsinya seperti peniupan balon karet berwaran yang diperkirakan porsi hembusan angin agar tidak membuyarkan keindahan warnanya.

Hal yang dianalogikan dalam paragraf analogi tersebut adalah ...
A. pengaruh karakter bangsa dan pembelajaran saat tatap muka oleh guru mata pelajaran.
B. Perkembangan suatu zaman dan perkembangan anak didik laksana balon karet yang ditup
C. pembentukan karakter bangsa yang berhasil pengembangan balon karet dengan peniupnya.
D. pembentukan karakter bangsa kepada siswa peniupan angin kepada balon karet berwaran
E. perkembangan karakter bangsa dan kemapuan orang menyenangkan hati hati orang lain.

32. Bacalah paragraf generalisasi berikut dengan cermat!
Pertandingan pesahabatan (frendly) sepakbola antara Indonesia Selection dengan LA Galaxy, Amerika Serikat 30 November 2011, di Glora Bung karno, Senayan Jakarta, tampak dalam permainan tersebut Andik Firmansyah men-tacling, tetapi dia terjatuh dan diberi peringatan oleh wasit. Pemain Indonesia sebetulanya banyak memiliki kesempatan menggolkan, seperti Egi, Patric W., Hamka, Okto, Bambang, dan Diego M. Speed pemain kita kurang karen postu tubuh mereka lebih kecil daripada pemain LA Galaxy.
Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf generalisasi tersebut adalah ....
  • A. Dapat dikatakan pemain kita dalam berbagai hal masih kurang dibandingkan pemain LA Galaxy. 
  • B. Tentulah pemain Indonesia harus mengakui keunggulan para pemain lawan yang mereka hadapi itu. 
  • C. Jadi, pemain Indonesia tidak menyangka akan menghadapi para pemain yang terampil seperti LA Galaxy. 
  • D. Kekalahan pemain Indonesia sangat mengagetkan seluruh bangsa Indonesia yang menonton pertandingan. 
  • E. Kekalahan dan kemenangan adalah sesuatu yang sudah biasa dalam pertandingan sepakbola di mana pun.
33. Bacalah paragraf sebab-akibat berikut!
Seseorang yang kecanduan narkoba menjadi malas dan sering melupakan tanggung jawab dan tugastugas rutinnya, menunjukkan sikap tidak peduli dan jauh dari keluarga, sering bertemu dengan orang yang tidak dikenal keluarga, pergi tanpa pamit dan pulang lewat tengah malam suka mencuri uang di rumah, sekolah ataupun tempat pekerjaan dan menggadaikan barang-barang berharga di rumah.
Kalimat berupa akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
  • A. Tuntutan kehidupan di kota semakin tinggi membuat beban hidup mereka semakin berat dan besar. 
  • B. Ternyata begitu hebat dan beraninya anak-anak muda yang hidup di zaman modern bermalasmalas. 
  • C. Anak-anak muda sekarang sering berbohong dan ingkar janji dengan berbagai macam alasan. 
  • D. Jadi, banyak orang yang tidak percaya dengan sikap seseorang tiba-tiba tampak manis dan ramah. 
  • E. Dengan demikian, hidup mereka kacau, misterius, dan tanpa tanggung jawab, tanpa belas kasihan.
34. Cermatilah silogisme berikut!
PU : Seluruh manusia yang menjaga kebersihan hati, hidupnya tidak gundah gulana.
PK: Solmet manusia yang menjaga kebersihan hati.
K : ...
Premis khusus silogisme tersebut adalah ...
A. Seluruh manusia menjaga kebersihan hati.
B. Solmet termasuk manusia menjaga kebersihan hati.
C. Dengan demikian, Solmet hidupnya tidak gundah gulana
D. Solmet menjaga hati karena ingin hidup tidak gundah gulana
E. Solmet menjaga hati dan kehidupan.

35. Cermatilah paragraf berikut!
Hindun tidak pernah menduga anaknya, Pino Damayanto harus dia jemput di Rumah Sakit Polri dalam kondisi tidak bernyawa. Pino alias Ahmad Yosepa Hayat, pelaku bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh, Solo. Sejak datang, dia menangis terus. ...
Majas yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi tersebut adalah ...
A. Kejadian yang mengenaskan keluarganya itu telah mengiris dan mehancurkan hatinya.
B. Maksud kedatangan Hindun ke rumah sakit adalah memastikan jenazah anaknya itu.
C. Sebuah bom rakitan meledakan di Gereja Bethel Injil Sepenuh Solo usai kebaktian.
D. Satu orang yang tewas kemudian diidentifikasi sebagai pelaku bom bunuh diri itu.
E. Polri akan menyerahkan jasad Hayat kepada keluarga untuk dimakamkan di TPU.

36. Cermati urutan kalimat berikut!
  • (1) Oleh sebab itu, sebagai pondasi, Kemdiknas sendiri memfokuskan pendidikan di seluruh jenjang pendidikan yang dibinannya. 
  • (2) Dalam prosesnya sendiri fitrah yang alamiah ini sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan sehingga lingkungan memilki peranan yang cukup besar dalam membentuk jati diri dan prilaku 
  • (3) Pendidikan karakter kini memang menjadi isu utama di lingkungan pendidikan. 
  • (4) Di disetiap jenjang pendidikan itu, pembentukan karakter itu dimulai dari fitrah yang diberikan Tuhan, yang kemudian membentuk jati diri dan prilaku 
  • (5) Selain itu, pendidikan berkarakter menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa, juga diharapkan mampu menjadi pondasi dalam meningkatkan derajat dan martabat bangsa Indonesia.
Urutan kalimat yang tepat untuk dijadikan paragraf yang padu adalah ....
A. (1), (2), (4), (5), dan (3)
B. (1), (3), (4), (5), dan (2)
C. (2), (3), (4), (5), dan (1)
D. (3), (5), (1), (4), dan (2)
E. (3), (4), (2), (1), dan (5)

37. Bacalah penggalan pidato berikut dengan cermat!
Teman-teman yang berbahagia,
Sekolah kita tampaknya sudah mulai kumuh. Sampah berserakan di halaman depan, samping, dan belakang. Kita merasakan ketidaknyamanan berada di lingkungan belajar kita. Apalagi sekarang sedang berkembangnya bibit penyakit demam berdarah. Apakah kita akan membiarkan keadaan seperti ini? Ya, janganlah kita berpangku tangan. ...
Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi pidato tersebut adalah …
A. Kita tidak boleh menjadikan sekolah hanya tempat persinggahan sejenak.
B. Sumbangkan pikiran dan tenaga kita untuk membantu aktivitas di sekolah ini.
C. Marilah kita lakukan pencegahan awal dengan membersihkan lingkungan kita.
D. Jangan kita acuh tak acuh mendengar berita situasai sekolah kita ini.
E. Marilah kita membantu meringankan pekerjaan dan beban sekolah kita.

38. Cermati topik berikut!
Tema karya tulis: Pelestarian Komodo salah satu Tujuh Keajaiban Dunia
Kalimat latar belakang yang sesuai dengan tema tersebut adalah ...
A. Komodo salah satu tujuh keajaiban dunia berada di tanah Indonesia.
B. Saat ini komodo merupakan biawak raksasa yang menarik di mata dunia.
C. Komodo ternyata akan memberikan peluang tujuh keajaiban dunia.
D. Negara memperkirakan akan terjadi kenaikan kunjungan wisatawan.
E. Posisi tujuh besar keajaiban dunia habitat komodo perlu dipertahankan.

39. Cermatilah penggunaan kalimat berikut!
Batik telah dikenal sebgai warisan budaya bangsa Indonesia. Walaupun belum semua orang bisa menghargai nilai karya budaya bangsa tersebut, tidak banyak yang tau betapa sulitnya proses pembuatan batik. Hal ini tampak, ketika mereka memilih membeli batik, harga masih menjadi pertimbangan utama, bukan pada kualitas batik yang dihasilkan.
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah …
  • A. Walaupun demikian, belum semua orang tahu menghargai nilai dan pengerjaan karya budaya bangsa tersebut. 
  • B. Namun, belum semua orang bisa menghargai nilai karya budaya bangsa tersebut adalah ciptaan anak bangsa. 
  • C. Meskipun belum semua orang bisa menghargai nilai karya budaya bangsa tersebut, harga batik dikatakan mahal. 
  • D. Akan tetapi tidak terhitung orang yang bisa menghargai nilai karya budaya bangsa tersebut dari dulu sampai sekarang. 
  • E. Namun, tidak sepenuh hati orang kita bisa menghargai batik yang bernilai karya-karya budaya bangsa tersebut

40. Cermatilah ilustrasi topik berikut!
Topik karya tulis: Peningkatan minat remaja di Provinsi DKI terhadap keseniaan tradisional.
Kalimat rumusan masalah yang sesuai topik tersebut adalah ...
A. Apa saja yang harus dilakukan oleh setiap provinsi di Indonesia dalam menanamkan seni tradisional?
B. Apaka saja yang menyebabkan remaja tidak berminat dengan seni tradisional selama ini di berbagai provinsi?
C. Adakah dampak yang ditimbulkan jika remaja tidak berminat dengan seni tradisional di Provinsi DKI?
D. Mengapa remaja di Provinsi DKI tidak tertarik dengan seni tradisional yang ada di wilayah tersebut?
E. Bagaimana upaya pemerintah Provinsi DKI menumbuhkan minat remaja terhadap keseniaan tradisional?

41. Amati penulisan judul karangan berikut!
partisipasi masyarakat palembang dalam menyukseskan sea games
Perbaikan penulisan judul karangan tersebut adalah ...
A. Partisipasi Masyarakat Palembang dalam Menyukseskan sea games
B. Partisipasi Masyarakat Palembang dalam Menyukseskan Sea Games
C. Partisipasi Masyarakat Palembang Dalam Menyukseskan Sea Games
D. Partisipasi Masyarakat Palembang dalam menyukseskan sea games
E. Partisipasi masyarakat Palembang dalam menyukseskan sea games

42. Cermati iklan lowongan pekerjaan berikut!
PT Permata Hijrah Indonesia
Membutuhkan karyawan:
  • SPG wanita
  • Staf administrasi
Syarat-syarat:
·         Min lulusan SMA/SMK
·         Diutamakan yang sudah berpengalaman
·         Usia 20 s.d. 30 tahun
·         Jujur dan bertanggung jawab
Yang berminat hubungi : 08566610910
Haluan Kepri, 29 Januari 2013
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan iklan tersebut adalah ...
A. Untuk itu saya ingin melamar pekerjaan menjadi karyawan SPG di perusahaan yang Bapak pimpin.
B. Berdasarkan iklan tersebut saya ingin menduduki jabatan SPG di perusahaan yang Bapak pimpin.
C. Sehubungan iklan yang dimuat di Haluan Kepri, 29 November 2011 bahwa perusahaan Bapak/Ibu memerlukan SPG wanita.
D. Berhubungan Bapak membutuhkan tenaga SPG wanita saya melamar pekerjaan tersebut agar dapat diterima.
E. Untuk mengisi SPG lowongan wanita di perusahaan Bapak saya melamar pekerjaan di bagian
tersebut.

43. Cermatilah kalimat penutup surat lamaran berikut ini!
Demikian surat lamaran saya. Atas budi baik serta perhatian saudara saya ucapkan terima kasih. Perbaikan yang tepat untuk kalimat yang tercetak miring pada kutipan tersebut adalah ...
A. Karena itu perkenankan saya menghaturkan terima kasih.
B. Untuk itu semua, saya mengucapkan terima kasih banyak.
C. Saya mengucapkan terima kasih atas diperhatikan Saudara..
D. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan ribuan terima kasih.
E. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

44. Cermatilah isi paragraf berikut ini!
Lewat berbagai kisah yang dipersembahkan, pembaca akan menyelami sekelumit nuansa Islami dan kehidupan kaum muslim Amerika, serta berbagai apek negara adidaya itu. Misalnya bagaiman kisah seorang pemuda Indonesia yang melacak kakak perempuannya yang sempat terperosok dalam kehidupan glamour, seperti yang terlukis dalam cerpen ”Senja di San Fransisco”. Dengan paparan secara naratif, alur, tema cerpen ini sebetulnya kurang menggoda, kurang membangkitkan penasaran untuk bertanya-tanya meskipun tetap ada poin perenungan pada diri tokohnya. Dan harus dicatat bahwa Dedy Mulyana adalah seorang pakar komunikasi sehingga rata-rata cerpennya menarik disimak. Ssuasana cerita mendukung dengan bahasa bersahaja, mengalir, ringan, tetapi bukan berarti gampangan.
Kelemahan yang terdapat dalam penggalan resensi tersebut adalah ....
A. Cerpen ”Senja di San Fransisco” karya Dedy Mulyana merupakan kisah kehidupan yang glamour,
tetapi membuat pembaca penasaran untuk mengetahui kisah selanjutnya.
B. Pengalaman Dedy Mulyana dalam menelusuri budaya negeri Paman Syam mengada-ada ditampilkan dalam karyanya.
C. Cerpen ”Senja di San Fransisco” karya Dedy Mulyana mengungkapkan muslim di Amerika dengan tema yang kurang menarik dan tidak menantang keingintahuan pembaca.
D. Cerita ”Senja di San Fransisco”. yang ditampilkan Dedy Mulyana menggunakan gaya bahasa sehari-hari, tetapi tidak dianggap sebagai cerita picisan.
E. Sebagian tema cerpen ”Senja di San Fransisco”. karya Dedy Maulana mengandung kemiripan dengan berbagai episode drama kehidupan sehari-hari.



45. Cermatilah cuplikan puisi berikut ini!
Matahari-Matahari
Karya Mohtar Lubis
Apa yang harus kami lakukan
Untuk masa kini dan masa depan
Bangsa Indonesia, anak-anak kami
Anak-anak cucu kami dan cucu mereka
... hati kami dan pikiran kami

Kalimat berkias yang tepat untuk melengkapi baik puisi tersebut adalah ....
A. himpitkan
B. tutuplah
C. angkatlah
D. sinarilah
E. pancarkan

46. Bacalah pantun berikut!
Kalau harimau sedang mengaum
Bunyinya sangat berirama
Kalau ada ulangan umum
...

Larik yang tepat untuk melengkapi larik puisi tersebut ialah ....
A. Nanti dibelikan tanda mata
B. itu bisa memutihkan mata
C. Janganlah kamu menjadi jera
D. Siapakah yang paling bisa
E. Marilah kita belajar bersama

47. Cermatilah paragraf di bawah ini!
Dari segi gagasan sajak ”Suara Cinta” Muhamad Koswara tidak jauh beda dengan sajak ”Hitam di Atas Putih” karya Diana. Bedanya, sajak Muhamad Koswara lebih menekankan pentingnya suara kebenaran, sekaligus mengajak pembaca untuk menjaga kebenaran itu sendiri. Bedanya lagi kebenaran itu diumpamakan (dipersonifikasi) sebagai”Aku Lirik” yang berupa ”Warna Segala Ancaman”, dan sejenisnya. Dengan begitu sajak terasa hidup, terasa hadir bukan semata-mata sebagai gagasan. Tampak ada usaha keras dari Koswara untuk menciptakan imaji, kata-kata konkret, dan simbol-simbol meskipun terasa terlalu bertele-tele.
Sumber: Kaki Langit, Horizon XXXIX/9/2004 dengan pengubahan seperlunya
Kalimat kritik yang sesuai dengan dengan isi penggalan tersebut adalah ...
A. Sajak ”Suara Cinta” Muhamad Koswara mengungkapkan kebenaran dengan simbol yang lebih khas agar jauh dari kesan yang bertele-tele.
B. Akhirnya dapat ditarik kesimpulan bahwa kumpulan sajak Koswara terasa lebih hidup dengan perumpamaannya yang dipersonifikasikan.
C. Penyair Koswara lebih mengagumi pentingnya kebenaran dari pada kesucian “Hitam di Atas Putih” karya Diana.
D. Penyair menaruh simpati pada nilai-nilai kebenaran melalui sombol-simbol yang diungkapkan pada sajak ”Suara Cinta”
E. Penyair menghidupkan tentang nilai-nilai kebenaran sebagai sebuah gagasan untuk menjaga kebenaran itu sendiri.


48. Penulisan yang tepat untuk pemerian pelaksanaan suatu kegiatan dalam surat undangan adalah ...
A. Rapat diadakan pada,
Hari, Tanggal          : Sabtu, 7 Januari 2011
Waktu                     : Pukul 10.00 – 14.00
Tempat                    : SMA Negeri 1 Tanjungpinang,
Alamat                    : Jalan Dr. Soetomo 22
Telepon                   : (0771) 21216
B. Rapat diadakan pada,
hari, tanggal                        : Sabtu, 7 Januari 2011
waktu                      : pukul 10.00 – 14.00
tempat                     : SMA Negeri 1 Tanjungpinang,
alamat                     : Jalan Dr. Soetomo 22
telepon                    : (0771) 21216
C. Rapat diadakan pada,
Hari, Tanggal          : Sabtu, 7 Januari 2011
waktu                      : pukul 10.00 – 14.00
tempat                     : SMA Negeri 1 Tanjungpinang,
alamat                     : Jalan Dr. Soetomo 22
telepon                    : (0771) 21216
D. Rapat diadakan pada,
Hari, tanggal            : Sabtu, 7 Januari 2011
Waktu                     : pukul 10.00 – 14.00
Tempat                    : SMA Negeri 1 Tanjungpinang,
Alamat                    : Jalan Dr. Soetomo 22
Telepon                   : (0771) 21216
E. Rapat diadakan pada,
hari, tanggal                        : sabtu, 7 januari 2011
waktu                      : pukul 10.00 – 14.00
tempat                     : sma negeri 1 tanjungpinang,
alamat                     : jalan dr. soetomo 22
telepon                    : (0771) 21216

49. Cermatilah paragraf di bawah ini!
Sebagai panglima dan pejuang Cut Nyak Dien menghadapi lawan yang persenjataannya modern. Wanita pejuang ini sangat berani karena dia menyerahkan hidup dan mati di tangan Allah. Seperti kata pribahasa ”...”. Memang dia terkenal sangat tegas dan berani dalam menghadapi musuh.
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. perang bermalaikat sabung berjuang
B. bagai memakan buah simalakama
C. menepuk air di dulang, tepercik muka sendiri
D. main api terbakar, main pisau luka
E. karena hati matai, karena mata buta

50. Bacalah penggalan esai berikut dengan cermat!
Dari manakah kita memulai jika hendak mengungkapkan kebudayaan Melayu sebagai salah satu simpul ingatan keserumpunan? Produk kebudayaan Melayu manakah yang segera muncul dalam ingatan ketika kita membicarakan kebudayaan Melayu? Sejarah Melayu yang mengungkapkan silsilah Raja-raja Melayu, Gurindam Dua Belas, Raja Ali Haji yang penuh nasihat luhur tentang kehidupan, Serampang Dua Belas dengan gerak dinamis, atau pantun unik, sederhana, dan penuh misteri? Ya, semua itu  emiliki karaktersistik. ...
Kesimpulan esai tersebut adalah ...
  • A. Karena itu, Raja Ali haji merupakan tokoh yang memopulerkan dan mengembangkan budaya Melayu. 
  • B. Artinya, Fokus kajian budaya Melayu sebagai objek pembahasan dalam ikon budaya yang serumpun. 
  • C. Oleh sebab itu, Pantun sering diperdebatkan para ahli sebagai budaya Melayu serumpun yang lebih memukau. 
  • D. Dengan demikian, budaya Melayu merupakan rumpun dari kebudayaan melayu, contohnya Gurindam Dua Belas. 
  • E. Jadi, budaya Melayu itu bukan hanya dilihat, tetapi juga ditelusuri unsur-unsur dan karakteristiknya.
Untuk mendownload soal dan KUNCI JAWABAN silahkan klik link berikut 
Soal Prediksi UN Bahasa Indonesia Tahun 2013 dalam format PDF :  KLIK DISINI 
Soal Prediksi UN Bahasa Indonesia Tahun 2013 dalam format Word : KLIK DISINI

Direkomendasikan :

BAHAN PERSIAPAN UN 2013
SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN IPS
SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN IPA
SOAL TRY OUT UN SMP
SOAL TRY OUT UN SD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar