MATA PELAJARAN
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Jenjang : SMA/MA
Program Studi : IPS
PELAKSANAAN
Hari/Tanggal :
Jam :
PETUNJUK UMUM
Try Out UN Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun 2013 |
1. Isikan identitas Anda ke dalam lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) yang terssedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk di LJUN.
2. Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUN
3. Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut.
4. Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap butir terdapat 5 (lima) pilihan jawaban
5. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya.
6. Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
7. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, HP, table matematika atau alat bantu hitung lainnya.
8. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.
9. Lembar soal boleh dicorat-coret untuk mengerjakan hitungan.
PILIHAN GANDA
Paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Bacalah dengan saksama!
(1) Sejak 50 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 12 November 1959 Presiden Soekarno sudah mencanangkan Komando Pembasmian Malaria (KOPEM). (2) Sebagai negara tropis yang endemis malaria, kita sangat memahami betapa besarnya penderitaan masyarakat akibat penyakit ini. (3) Ibu hamil, bayi, dan balita banyak yang meninggal. (4) usia produktif tidak dapat bekerja optimal karena daya tahan dan kualitas sumber daya kurang. (5) Anak usia sekolah tidak dapat belajar dengan baik karena tingkat kecerdasannya rendah. |
1. Kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
2. Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Teks berikut untuk menjawab soal nomor 3 s.d. 5. Bacalah dengan saksama!
(1) Masalah malaria merupakan masalah yang kompleks. (2) Masalah tersebut terkait dengan berbagai aspek, seperti aspek penyebab penyakit yang dikenal dengan parasit, aspek nyamuk penular yang dikenal dengan nyamuk anopheles, dan aspek lingkungan yang memengaruhi jumlah nyamuk penular dan prilaku manusia yang memungkinkan untuk digigit nyamuk. (3) Teknologi untuk mengatasi aspek-aspek tersebut saat ini sudah kita kuasai dan bahkan sudah tersedia di Indonesia sehingga kita yakin mampu untuk mengeliminasi malaria dari Indonesia secara bertahap. (4) Untuk aspek parasit sebagai penyebab penyakit, sekarang kita sudah mempunyai obat baru yang sangat ampuh karena obat yang lama sudah tidak ampuh lagi (resisten) dan nyamuk penular kita sudah menyediakan kelambu berinsektisida yang dapat melindungi masyarakat dari gigitan nyamuk malaria pada waktu tidur. (5) Sedangkan, masalah lingkungan merupakan masalah kita bersama, masing-masing sektor sesuai dengan tupoksinya dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mengurangi jumlah nyamuk seperti mengeringksn air yang tergenang, menebar ikan pemakan jentik, mengalirkan lagon yang tersumbat pasir ke laut, dan lain-lain. |
3. Ide pokok paragraf tersebut adalah … .
A. penyakit parasit
B. nyamuk penular
C. masalah malaria
D. masalah lingkungan
E. akibat nyamuk
4. Fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
5. Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah …
A. Mengapa Indonesia tidak dapat mengatasi berbagai masalah lingkungan?
B. Bagaimana mengatasi aspek-aspek yang terkait dengan masalah malaria?
C. Lingkungan yang bagaimanakah yang dapat terjangkit penyakit malaria?
D. Siapakah yang bertanggung jawab terhadap masalah penyakit malaria?
E. Dari manakah sumber biaya untuk mengatasi masalah lingkungan?
Paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7. Bacalah dengan saksama!
(1) Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang masih berisiko terhadap malaria. (2) Hal ini terbukti sampai sekarang 80% kabupaten /kota di Indonesia masih endemis malaria. (3) Sekitar 45% penduduk yang berdomisili di daerah-daerah yang berisiko tertular malaria. (4) Jumlah kasus yang dilaporkan tahun ini sebanyak 1.624.930 orang. (5) Jumlah ini mungkin lebih besar dari keadaan yang sebenarnya karena lokasi yang endemis malaria adalah desa-desa yang terpencil dengan sarana transportasi yang sulit dan akses pelayanan kesehatan masih tendah. |
6. Kalimat simpulan paragraf tersebut adalah nomor … .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
7. Mengapa jumlah kasus yang dilaporkan kemungkinan lebih besar dari keadaan yang sebenarnya? Karena …
- Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang berpenduduk padat dan masih berisiko terhadap malaria.
- sampai sekarang 80% kabupaten /kota di Indonesia masih endemis malaria dan belum dapat diatasi.
- Sekitar 45% penduduk yang berdomisili di daerah-daerah di Indonesia sangat berisiko tertular malaria.
- Akses pelayanan kesehatan di daerah-daerah terpencil di seluruh Indonesia masih sangat rendah.
- lokasi yang endemis malaria adalah desa-desa yang terpencil dengan sarana transportasi yang sulit.
Paragraf berikut untuk menjawan soal nomor 8 – 9. Bacalah dengan saksama!
Dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai sampah berserakan di mana-mana , di tempat-tempat umum, di sekitar rumah kita, atau di kelas-kelas sekolah. Sampah-sampah tersebut dapat dogolongkan menjadi sampah organik, misalnya guguran dedaunan dan sampah nonorganik, misalnya plastik. Sampah-sampah itu dihasilkan dari perbuatan kita sendiri. Misalnya, kita memakan makanan yang ada bungkusnya, setelah selesai makan, kita langsung membuang bungkus makanan tersebut di sembarang tempat. Sampah-sampah tersebut menimbulkan pengaruh buruk bagi lingkungan kita. Masyarakat yang tinggal di pinggir sungai mayoritas membuang sampai di sungai. Sampah-sampah tersebut akan menimbulkan pendangkalan pada sungai karena sampah-sampah mengedap di dasar sungai dan akan menyumbat saluran-saluran air. Kemudian, saat musim hujan akan terjadi banjir. |
8. Arti istilah “ organik ” dalam paragraf tersebut adalah … .
A. sisa makanan
B. kotoran binatang
C. daun-daun busuk
D. mengalami pembusukan
E. binatang busuk
9. Tujuan penulis dalam paragraf tersebut adalah …
A. Memberitahukan kepada masyarakat bahwa sampah berserakan di mana-mana.
B. Mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang temapt.
C. Menginformasikan bahwa pada musim hujan akan terjadi banjir besar di mana-mana.
D. Menegaskan bahwa sampah yang berserakan dapat menimbulkan banjir.
E. Menjelaskan bahwa membuang sampah di sungai dapat menghambat saluran air.
10. Bacalah dengan saksama!
HAMKA lebih banyak belajar sendiri (otodidak) dan mempelajari berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti filsafat, sastra, sejarah, sosiologi dan politik, baik Islam maupun Barat. Dengan kemahiran bahasa Arabnya yang tinggi, beliau dapat mempelajari karya ulama dan pujangga besar di Timur Tengah seperti Zaki Mubarak, Jurji Zaidan, Abbas al-Aqqad, Mustafa al-Manfaluti, dan Hussain Haikal. Melalui bahasa Arab juga, beliau mempelajari karya sarjana Perancis, Inggeris dan Jerman seperti Albert Camus, William James, Freud, Toynbee, Jean Sartre, Karl Marx dan Pierre Loti. HAMKA juga rajin membaca dan bertukar fikiran dengan tokoh-tokoh terkenal Jakarta seperti HOS Chokroaminoto, Raden Mas Surjoparonoto, Haji Fakrudin, Ar Sutan Mansur dan Ki Bagus Hadikusumo sambil mengasah bakatnya sehingga menjadi seorang pemidato yang handal. |
Keteladan dari sosok Hamka sebagai seorang tokoh adalah …
- Suka bertukar pikiran dengan para tokoh
- Mahir sekali dalam berbahasa Arab
- Seorang ahli pidato yang handal
- Berbakat dalam menulis karya sastra
- Rajin membaca berbagai bidang ilmu
Teks berikut untuk menjawab soal 11 – 12. Bacalah dengan saksama!
Upaya pemberantasan kemiskinan dan percepatan pembangunan memang tergolong mendesak di banyak negara Asia. Ratusan juta orang di kawasan Asia hidup di bawah garis kemiskinan. Jika tindakan konkret tidak segera diambil, persoalan kemiskinan dan keterbelakangan di sejumlah negara Asia dikhawatirkan akan memburuk. Selama ini persoalan kemiskinan dan keterbelakangan di sejumlah negara Asia sering sekali dikeluhkan, tetapi umumnya tidak sampai mendorong upaya konkret untuk mengatasinya. Pertemuan puncak ACD yang pertama pekan ini di Kuwait menciptakan harapan baru karena sampai mengusulkan pengumpulan dana. Tuan rumah KTT, Emir Kuwait Sheikh Sabah al-Ahmad al-Jaber al-Sabah, mengusulkan alokasi dana 2 miliar dollar AS. |
11. Opini penulis dalam tajuk rencana tersebut yang tepat adalah …
A. Tindakan konkret harus segera diambil untuk memberantas kemiskinan di berbagai negara.
B. Selama ini persoalan kemiskinan dan keterbelakangan di sejumlah negara Asia sering sekali dikeluhkan
C. Persoalan kemiskinan dan keterbelakangan di sejumlah negara Asia dikhawatirkan akan memburuk.
D. Persoalan kemiskinan umumnya tidak sampai mendorong upaya konkret untuk mengatasinya.
E. Pemerintah di negara ASEAN harus menciptakan harapan baru dalam bentuk pengumpulan dana.
12. Pihak yang dituju dalam tajuk rencana tersebut adalah …
A. pemerintah Indonesia
B. pemerintah negara Asia
C. penduduk di dunia
D. penduduk di Indonesia
E. mayarakat di Asia
Grafik berikut untuk menjawab soal nomor 13 dan 14. Bacalah dengan cermat!
13. Kalimat yang sesuai dengan isi grafik adalah …
A. Penduduk Kota banjar pada tahun 2000 di atas 520000.
B. Tahun 2002 penduduk Kota Banjar di bawah 520000.
C. Jumlah penduduk Kota Banjar tahun 2003 paling banyak
D. Tahun 2004 jumlah penduduk Kota banjar sama dengan tahun 2005
E. Jumlah penduduk Kota Banjar tahun 2006 lebih sedikit daripada 2007
14. Simpulan isi grafik tersebut yang tepat adalah …
A. Jumlah penduduk di setiap desa di Kabupeten Banjar terus bertambah.
B. Jumlah penduduk Kota Banjar dari tahun 1999 – 2008 terus meningkat.
C. Penduduk di Kota Banjar jumlahnya setiap tahun peningkatannya tajam.
D. Penduduk di desa-dasa kota Banjar mengalami kenaikan yang tajam
E. Hasil sensus tahun 2008 menunjukkan jumlah penduduk Kota Banjar padat.
Kutipan novel berikut untuk menjawab soal nomor 15 – 17. Bacalah dengan saksama!
Sebenarnya Hanafi amat keras kepala; jika kehendaknya dibantah atau katanya 'diselang', kadang-kadang perangainya berupa kanak-kanak yang suka berguling-guling di tanah, sebab pintanya tidak berlaku. Tapi tabiat istrinya yang serupa hendak lemah patah itu, akhirnya menyempitkan dadanya. Pemandangan Corrie menjadi layu, seolah-olah orang yang baharu sembuh daripada penyakit keras. Tertawa ia masih pandai, tapi apabila ia gelak, maka seketika itu timbullah kerut pada sudut-sudut bibirnya yang menandakan tertawa di dalam sedih; Corrie yang berupa cacing gila dahulu, sudah berubah menjadi seorang nyonya tertib, yang hidup sebagai orang membesarkan diri di sebelah suaminya. Jika dada Hanafi sudah terlalu sesak melihatkan perangai istrinya yang serupa itu, maka marahlah ia dengan tidak ketentuan apa yang dikatakannya. Corrie lalu mengangkat kepalanya, menentang sejurus pada suaminya, lalu berkata," Apakah yang sudah terjadi atas dirimu Han? Fiilmu sebagai orang bertukar pikiran!" " Ya, Corrie, perangaimu itu akhirnya akan menyeret diriku ke rumah gila!" "Tut,tut!" Surutkan darahmu, sabarkan hatimu. Adakah kekurangan dari pihakku tentang keadaban pada suamiku?" "Tidak Cor! Adab, lebih daripada adab engkau padaku. Itulah yang menyesakkan dadaku. Aku ingin mempunyai Corrie, secara Corrie dahulu, Corrie yang sehat pikirannya, yang hidup berbantah-bantahan dengan aku, yang pandai tertawa dan merajuk, yang pandai menangis dan membujuk, yang ...ya, Corrie dahulu, yang mengikat diriku sampai tertawa! Corrie! Apakah yang sudah terjadi atas dirimu setelah engkau menjadi istriku, maka fiil engkau sekarang bagai bumi dengan langit perbedaannya dengan fiil dahulu?" "Apakah faedahnya bertanyakan hal yang sejelas itu, Han? Dahulu aku bernama meyuffrouw Corrie du Bussee, sekarang namaku mevrouw Han. Dahulu aku memakai rok pendek, sekarang rok itu melewati lutut. Dahulu aku merdeka, dunia ini luas seluas-luasnya bagiku, tapi sekarang duniaku sudah berbatas, karena aku harus takluk ke bawah perintah suamiku." Salah Asuhan karya Abdul Muis |
15. Amanat yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah …
- Pakailah pakaian yang pantas sesuai dengan kebudayan kita
- Janganlah terlalu cemburu kepada pasangan kita
- Sayangilah istri yang mau mengerti keadaan suami.
- Janganlah menikah dengan seorang yang kita tidak kenal.
- Hadapilah dengan tenang segala masalah dalam rumah tangga
16. Pendeskripsian watak “ Hanafi ” yang keras kepala dalam novel tersebut adalah …
- jalan pikiran tokoh
- perbincangan tokoh lain
- dialog antartokoh
- penjelasan pengarang
- ucapa-ucapan tokoh
17. Mengapa sikap “Corrie” berubah setelah menikah dengan Hanafi? Karena …
- Corrie harus takluk terhadap perintah suaminya “Hanafi”
- Hanafi tidak suka dengan sikap Corrie yang bebas bergaul.
- Corrie ingin menyesuaikan dengan sikap suaminya”Hanafi”
- Hanafi ingin sikap istrinya ‘Corrie” seperti sebelum menikah.
- Hanafi bersikap keras kepala kepada istrinya “Corrie”
Puisi berikut untuk menjawab soal nomor 18 dan 19. Bacalah dengan saksama!
TAKDIR Ketika hidup terasa indah Dan segalanya kurasa mudah Tanpa ragu kumengaku Ya… inilah anugerah-Mu Ketika cinta Kau pertemukan Kebahagiaan yang kurasakan Dengan senyuman kulantangkan Ya… ini jalan-Mu Tuhan Tapi badai itu mulai datang, menyerbu Menghadang, menyapu Kututup mata dan telingaku Kubungkam mulut dengan jemariku Bukan ini yang kumau! Kuberlari dengan sesakku Berharap waktu cepat berlalu Tapi kaki ini berhenti perlahan Dengan beban yang kutelan Dan akupun tersadarkan Ya….ini takdir yang Kau tentukan Morla Gabriella Agnes Ole Morla Gabriella Agn |
18. Makna lambang “ badai ” dalam puisi tersebut adalah….
A. kehidupan
B. perjalanan
C. masalah
D. tujuan
E. cita-cita
19. Maksud puisi tersebut adalah …
A. Orang akan mengingat Tuhan jika sedang susah
B. Susah dan senang dalam kehidupan merupakan takdir Allah
C. Orang akan melupakan Tuhan jika dalam keadaan senang.
D. Orang yang tidak kuat menghadapi masalah dalam hidupnya
E. Seseorang yang pasrah dalam menghadapi segala masalah
Kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 20 dan 21. Bacalah dengan saksama!
(1) Aku hampiri mama dan mencoba untuk menenangkan hatinya, dan berkata, “ (2) Mah,Mama engga apa-apa? (3) Mamah mengapa sedih? (4) Cerita sama aku, mungkin kesedihan Mama akan berkurang . ” (5) Setelah itu, tangan Mama membelai setiap helai rambutku dan memelukku secara spontan. (6) Mama hanya memandangiku dan terdiam. (7) Jam menunjukan pukul 06.00. (8) Bergegas aku pergi berangkat ke sekolah untuk mencari ilmu sebanyak- banyaknya. (9) Selama itu , pikiranku entah bagaimana melayang tiada arti. (10) Dalam lamunanku, hanya keadaan yang ada di dalam rumah dan keadaan Mama yang selalu terlintas dalam benakku. Kehidupanku cerpen Mutiara |
20. Kalimat pembuktian latar waktu terdapat pada nomor … .
A. (1) dan (2)
B. (4) dan (5)
C. (6) dan (8)
D. (7) dan (9)
E. (9) dan (10)
21. Keterkaitan nilai moral dalam kutipan cerpen dengan kehidupan sehari-hari adalah …
A. perhatian seorang anak terhadap ibunya
B. belaian seorang ibu kepada anaknya
C. kesedihan seorang ibu yang dalam
D. seorang anak yang meninggalkan ibunya
E. penderitaan seorang ibu yang tiada tara
Kutipan drama berikut untuk menjawab soal nomor 22 dan 23. Bacalah dengan saksama!
Anisa : Bundaa! Bunda : Engh, ya, Nak! Kok malam-malam sekali sih pulangnya. Hari ini kan mata kuliahmu sedikit Anisa Anisa : Yah, biasalah, Bun! Ini ulah si sulung satu ini! Janji mau jemput siang, baru datang magrib. Fahri : Hei! Bungsu tidak tahu diri! Sudah bagus aku jemput, masih mengeluh saja. Huh! Bunda : Sudah-sudah jangan bertengkar, sudah pada dewasa kan? Fahri : Yeah! Aku sudah, tapi Anisa Kamarullah ini belum. Lihat saja kelakuannya, jauh dari kategori de-wa-sa. Malah, sudah jadi mahasiswi begitu tontonannya Power Ranger melulu! Ha… ha,,,! Bagaimana bisa dibilang dewasa coba?! Anisa : Terserah kakak mau bilang apa. Oke, aku masih suka Power Ranger, tapi biar bagaimana pun kenyataan menyatakan akulah yang lebih dewasa dan matang. Buktinya aku akan segera dilamar pacarku. Kakak? Ha..ha…ha…. Silahkan menyusul. Arti Sebuah Penyesalan drama Aditya Gilank Pratama |
22. Watak “ Anisa ” dalam kutupan drama tersebut adalah …
A. pemarah
B. kekanakan
C. tak peduli
D. manja
E. cerewet
23. Konflik dalam kutipan drama tersebut adalah …
A. rasa marah seorang ibu terhadap anak gadisnya
B. seorang kakak terlambat menjemput adiknya
C. seorang adik yang suka menonton film anak-anak
D. pertengkara adik dengan kakak dalam keluarga
E. Seorang anak gadis yang terlambat pulang
Teks naskah Melayu klasik berikut untuk menjawab soal nomor 24– 25. Bacalah dengan saksama!
Syahdan setelah kepergian si bungsu, ibunya menjadi sehat dan hidup dengan kedua kakaknya yang sirik. Maka mereka ingin mengetahui apa yang terjadi dengan si Bungsu. Maka merekapun berangkat ke puncak gunung. Maka mereka tiba di sana di waktu malam hari. Alangkah kagetnya mereka ketika mereka mengintip bukan ular yang dilihatnya tetapi lelaki tampan. Timbul perasaan iri dalam diri mereka. Mereka ingin memfitnah adiknya. Maka mereka mengendap ke dalam gua dan mencuri kulit ular itu. Mereka membakar kulit ular tersebut agar pemuda tampan itu berubah menjadi ular lagi. Mereka mengira dengan demikian ksatria itu akan marah dan mengusir adiknya itu. Tetapi, yang terjadi justru kebalikannya. Dengan dibakarnya kulit ular tersebut, secara tidak sengaja mereka membebaskan pangeran itu dari kutukan pamannya. |
24. Karakteristik naskah Melayu klasik yang tampak dalam kutipan tersebut adalah …
A. kesaktian seorang raja
B. perbahan ular menjadi manusia
C. keirian seorang kakak
D. kecantikan seorang putri
E. keebijaksanaan seorang raja
25. Nilai moral yang terdapat dalam kutipan naskah Melayu klasik tersebut adalah …
A. Mencuri barang milik orang lain
B. Membakar barang orang lain
C. Marah terhadap anak buahnya
D. Mencari adiknya ke gunung
E. Memukul adiknya yang baik
26. Bacalah pantun berikut dengan saksama!
Jikalau tuan mengangkat peti Tolong masukkan segala barang Jikalau kalian sepakat dan sehati pekerjaan susah jadilah senang |
Maksud pantun tersebut adalah …
A. Pekerjaan yang susah menjadi senang jika dikerjakan bersama.
B. Bekerja sama dalam menyelesaikan masalah
C. Harus bekerja sama dalam mengerjakan pekerjaan yang susah.
D. Harus bekerja sama dalam menghadapi masalah yang rumit.
E. Susah dan senang harus dihadapi bersama
27. Bacalah gurindam berikut dengan saksama!
Barang siapa mengenal akhirat Tahulah ia dunia mudharat |
Maksud gurindam tersebut adalah …
A. Semua perbuatan yang dilakukan di dunia akan dibalas oleh-Nya di hari akhirat.
B. Semua orang yang beragama harus menghindari perbuatan yang dilarang-Nya.
C. Jika kita ingin masuk surga, berbuatlah sesuai dengan ajaran agama.
D. Semua orang harus memahami bahwa perbuatan yang mudarat akan merugikan diri sendiri.
E. Orang yang percaya pada kehidupan di akhirat akan menghindari perbuatan yang dilarang-Nya.
28. Bacalah paragraf narasi rumpang berikut dengan saksama!
Lama aku dibiarkan. Mungkin sepanjang hari. Mungkin juga sepanjang malam. Aku tidak bisa membedakannya hari siang atau malam karena mataku ditutup rapat oleh para penjahat itu. Perutku mulai merasa kelaparan. Tubuhku menggigil kedinginan mencekam hingga ke tulang. Aku dengar bunyi hujan. … . Bunyi petir berdentum. Aku benar-benar takut. Aku menangis sekuat-kuat hati. Kupanggil-panggil kedua orang tuaku, “ Emaaaak….Bapaaaak..!” Aku Tak Bernyawa Lagi cerpen Awin-Awina dengan perubahan |
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi tersebut adalah …
- Kulihat hujan gerimis.
- Airnya mengalir dengan deras.
- Atap rumah pada bocor.
- Hujan yang sangat lebat.
- Tampak pohon besar tumbang.
29. Bacalah paragraf sebab akibat yang rumpang berikut dengan saksama!
Selama dua hari ini di Bogor hujan turun terus-menerus. Demikian pula, di Jakarta hujan tidak henti-hentinya. Dengan demikian, sungai-sungai di Jakarta tidak dapat menampung air hujan tersebut. Selain itu, keadaan sungai sangat dangkal karena masyarakat membuang sampah di sungai tersebut. Dengan demikian, arus air tidak lancar. … |
Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf sebab akibat tersebut adalah …
A. Tidak heran banyak masyarakat yang menderita.
B. Akhirnya, sampah-sampah menutupi sungai.
C. Akhirnya, Jakarta dilanda banjir di mana-mana.
D. Oleh sebab itu, Jakarta mengalami kerugian.
E. Oleh karena itu, roda ekonomi menjadi macet.
30. Bacalah paragraf argumentatif berikut dengan saksama!
Dengan adanya kegiatan manusia, pencermaran lingkungan pasti terjadi. … . Yang dapat dilakukan adalah mengurangi pencemaran, mengendalikan pencemaran, dan meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya agar tidak mencemari lingkngan. Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran di sebut polutan. Syarat-syarat suatu zat disebut polutan bila keberadaannya dapat menyebabkan kerugian terhadap makluk hidup. Contohnya, karbon dioksida dengan kadar 0,033% di udara berfaedah bagi tumbuhan, tetapi bila lebih tinggi dari 0,033% dapat memberikan efek merusak. Suatu zat dapat disebut polutan apabila jumlahnya melebihi jumlah normal; berada pada waktu yang tidak tepat; dan berada di tempat yang tidak tepat. |
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf argumentatif tersebut adalah …
A. Masyarakat harus menyadari betapa pentingnya kesehatan.
B. Pencemaran lingkungan dapat mengganggu kesehatan.
C. Pencemaran lingkungan tersebut tidak dapat dihindari.
D. Berbagai kegiatan dapat menimbulkan pencemaran.
E. Asap kendaraan dapat menimbulkan pencemaran
31. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
(1) Penanganan sampah yang tidak memenuhi syarat kesehatan dapat menjadi tempat berkembang biaknya vektor penyakit, seperti lalat, tikus, kecoak (2) Untuk itu, di setiap ruang kelas harus terdapat 1 buah tempat sampah (3) Tak kalah pentingnya, di sekolah tersebut harus tersedia tempat pembuangan sampah sementara (TPS). (4) Selain itu, dapat juga menyebabkan pencemaran tanah dan menimbulkan gangguan kenyamanan dan estetika. |
Urutan kalimat tersebut sehingga menjadi paragraf padu yang tepat adalah ….
A. (1), (2), (4), dan (3)
B. (1), (4), (2), dan (3)
C. (1), (3), (2), dan (4)
D. (3), (1), (2), dan (4)
E. (3), (2), (4), dan (1)
32. Bacalah silogisme rumpang berikut dengan cermat!
Premis Umum : Semua warga DKI Jakarta harus menjaga kebersihan lingkungan. Premis Khusus : Pak Heru adalah warga DKI Jakarta Kesimpulan : … |
Kalimat yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut adalah …
A. Pak Heru harus menjaga kebersihan lingkungan.
B. Kebersihan lingkungan DKI Jakarta harus dijaga
C. Warga DKI Jakarta diharapkan menjaga kebersihan
D.Pak Heru dan warga yang lainnya harus menjaga kebersihan
E. Pak Heru sebagai warga DKI Jakarta wajib menjaga kebersihan
33. Bacalah teks pidato rumpang berikut dengan saksama!
Saudara, Saudara yang berbahagia! Seperti telah kita ketahui, sampah-sampah yang dibuang di sembarang tempat dapat menimbulkan kerusakan lingkungan. Sebenarnya sampah-sampah tersebut jika kita dapat memilah dan mengolahnya dengan baik, tentu dapat memberikan keuntungan untuk kita. Misalnya, sampah organik dapat kita gunakan sebagai pupuk kompos, sedangkan sampah nonorganik dapat didaur ulang kembali untuk dijadikan barang baru lagi. … . |
Kalimat imbauan yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah …
A.Untuk itu, semua pihak, pemerintah setempat dan masyarakat, marilah bekerja sama dalam mengolah sampah-sampah tersebut.
B. Dengan demikian, marilah kita bersama-sama menanggulangi sampah-sampah agar lingkungan kita menjadi bersih, indah, dan sehat.
C. Maka dari itu, kita sebagai warga di lingkungan tersebut hendaknya menyadari bahwa sampah yang berserakan dapat merugikan kita semua.
D.Jadi, marilah kita memanfaatkan sampah-sampah yang sudah diolah itu untuk keperluan tanaman di halaman rumah kita.
E. Dengan demikian, alangkah baiknya jika kita membuang sampah di tempatnya dan memilah sampah-sampah tersebut.
34. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Berdasarkan keterangan dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id, warga DKI Jakarta diingatkan untuk mewaspadai … hujan disertai kilat dan angin, terutama mereka yang tinggal di bagian selatan. Selama sepekan ke depan wilayah selatan Jakarta … akan mengalami … hujan lebih lebat bila dibandingkan dengan daerah lain di Jakarta. |
Kata serapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
- kualitas, kuantitas, intensitas
- kuantitas, berkualitas, insentif
- berpotensi, diprediksi, intensitas
- potensial, prediktif, intensif
- potensi, diprediksi, intensitas
35. Cermati kalimat penutup surat lamaran kerja berikut dengan saksama!
Sampai di sini surat lamaran saya, terima kasih banyak atas diterimanya diri saya di perusahaan Bapak. |
Perbaikan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan tersebut yang tepat adalah …
A. Demikian surat lamaran saya ini, terima kasih saya ucapkan atas diterimanya diri saya.
B. Demikian surat lamaran ini, atas pertimbangan Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
C. Sekian surat yang saya ajukan, terima kasih banyak saya ucapkan kepada Bapak.
D. Sekian surat yang saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
E. Demikian surat lamaran ini, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
36. Bacalah iklan lowongan kerja berikut dengan saksama!
Dicari: Tenaga Pemasaran yang berpengalaman pria/wanita,usia maksimal 30 tahun S1 Manajemen, bisa komputer, MS office. Lamaran kirim ke PT Kartika Cndra Jl. H. Suganda 25 Kota Bumi. Kompas 1 Desember 2012 |
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan tersebut adalah ...
A. Yang bertanda tangan di bawah ini, saya Irawati , 27 tahun, sarjana Manajemen, berpengalaman di bidang Pemasaran, mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak pimpin.
B. Dengan ini saya mengajukan permohonan lamaran pekerjaan sebagai tenaga pemasaran yang sudah berpengalaman lebih dari dua tahun sesuai dengan permintaan iklan tersebut.
C. Saya membaca iklan Bapak yang dimuat di harian Kompas, 1 Desember 2012 yang menyatakan bahwa perusahaan Bapak membutuhkan tenaga yang berpengalaman dalam bidang pemasaran.
D. Sehubungan dengan iklan yang dimuat di harian Kompas, 1 Desember 2012, saya seorang sarjana Manajemen yang berpengalaman, mengajukan lamaran kerja untuk mengisi lowongan tersebut.
E. Bedasarkan iklan di harian Kompas 1 Desember 2012, maka saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai tenaga pemasaran yang berpengalaman di perusahaan yang Bapak pimpin.
37. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Hari Guru selalu diperingati dengan meriah. Pada hari itu ... mengadakan berbagai kegiatan, misalnya lomba memasak nasi goreng, putsal antara siswa dan guru, dan lomba senam antarguru mata pelajaran. ... dengan dilengkapi peralatan memasak disiapkan di ... lapangan basket. ... dari perwakilan kelas memasak nasi goreng. Sedangkan, ... menjadi jurinya. |
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
- sekolah-sekolah, meja-meja, pinggir-pinggir, murid-murid, guru-guru
- rumah-rumah, kompor-kompor, sudut-sudut, orang-orang, murid-murid
- kelas-kelas, kursi-kursi, depan-depan, pegawai-pegawai, murid-murid
- sekolah-sekolah, kursi-kursi, sudut-sudut, orang-orang, guru-guru
- ruang-ruang, meja-meja, sudut-sudut, orang-orang, guru-guru
38. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Satu per satu sarana transportasi umum di Jakarta akan … . Kali ini, bus metromini menjadi sasaran untuk direvitalisasi. Selain unit busnya akan … secara bertahap, ke depan semua bus metromini akan … AC. |
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. dibereskan, diganti, menggunakan
B. dibersihkan, ditukar, dipakai
C. dibenahi, ditukar, dilengkapi
D. dibenahi, diperbarui, dilengkapi
E. diganti, diperbarui, memakai
39. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Gunung berapi Lakon mengeluarkan abu vulkanik ke udara di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Letusannya kali ini sangat hebat daripada letusan sebelumnya. Letusan tersebut terdengar seram sekali. Kepulan asap membumbung agak tinggi. Warga Kota Tomohon tampak linglung sekali. Mereka berlari tunggang-langgang untuk menyelamatkan diri. |
Perbaikan frasa ajektiva yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah …
A. hebat sekali, sangat kuat, hitam sekali, sangat linglung
B. kuat sekali, sangat seram, tinggi sekali, agak cemas
C. sangat kuat, cukup seram, hebat sekali, bingung sekali
D. agak kuat, kuat sekali, agak seram, agak linglung
E. lebih dahsyat, sangat keras, sangat tinggi, cemas sekali
40. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Sejumlah alat berat akhirnya dikerahkan untuk melabrak 63 bidang tanah milik 47 warga di Desa Lemah Ireng, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah yang akan digunakan bagi proyek tol Semarang – Solo. Kemudian bertahan dua hari, kemarin warga tidak berdaya menghadang laju “backhoe” dan ekskavator. Jerit tangis, dan kesurupan melanda warga, saat alat-alat berat itu merangsek ke lahan mereka. |
Perbaikan kata penghubung yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah …
A. untuk, setelah, bahkan
B. dan, lalu, serta
C. sampai, bahkan, sampai
D. untuk, lalu, hingga
E. hingga, setelah, serta
41. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Pak Handoko mendapat kabar dari sekolah bahwa Arman, anaknya, sering tidak masuk sekolah. Mendengar berita itu, Pak Handoko … . Kemudian, ia menyuruh Arman untuk …. dari rumahnya jika perbuatannya masih diulangi lagi. |
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
- tebal muka, kebakaran jenggot
- mengurut dada, angkat jempol
- darah tinggi, angkat jempol
- naik pitam, angkat kaki
- naik darah, angkat topi
42. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Biasanya pengedar maupun pemakai narkoba di sekolah telah paham betul program-program di sekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai di sekolah. Mereka tentu saja mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Sepintar apa pun kiat mereka ibarat … . Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menuntut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga. |
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
A. Membagi sama adil, memotong sama panjang.
B. Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga.
C. Sepandai-pandai tupai melompat akhirnya jatuh juga
D. Ada Padang ada belalang, ada air ada pula ikan.
E. Berguru kepalang ajar, bagai bunga kembang tak jadi.
43. Bacalah judul karangan berikut dengan saksama!
dampak mendidik anak di lingkungan keluarga dengan kekerasan |
Penulisan judul karangan tersebut berdasarkan EYD yang tepat adalah …
A. Dampak Mendidik Anak Di Lingkungan Keluarga Dengan Kekerasan
B. Dampak Mendidik Anak di Lingkungan Keluarga Dengan Kekerasan
C. Dampak Mendidik Anak di Lingkungan Keluarga dengan Kekerasan
D. Dampak Mendidik anak di Lingkungan Keluarga Dengan Kekerasan
E. Dampak mendidik anak di Lingkungan Keluarga dengan Kekerasan
Topik berikut untuk menjawab soal nomor 44 dan 45. Bacalah dengan saksama!
Topik Karya ilmiah: Kantin sekolah yang bersih dan sehat |
44. Latar belakang yang sesuai dengan topik karya ilmiah tersebut adalah …
A. Kebersihan dan kesehatan di sekolah hendaknya selalu diperhatikan.
B. Kantin sekolah yang bersih membuat konsumen dijamin sehat.
C. Kantin sekolah masih banyak yang tidak menyediakan air kran untuk mencuci.
D. Tidak semua kantin sekolah memeliki sarana dan prasarana kesehatan.
E. Banyak kantin di sekolah yang tidak memedulikan kebersihan dan kesehatan.
45. Rumusan masalah yang sesuai dengan topik karya ilmiah tersebut adalah …
A.Bagaimana cara meningkatkan kebersihan dan kesehatan kantin di sekolah?
B. Bagaimanakah keadaan kantin sekolah ditinjau dari kebersihan dan kesehatan?
C. Apakah kantin di sekolah sudah diciptakan dengan baik dan menarik?
D.Makanan apa saja yang cocok dijajakan di kantin sekolah untuk anak sekolah?
E. Bagaimana kondisi kantin yang dibangun di sekolah untuk jajanan anak-anak?
46. Bacalah puisi rumpang berikut dengan saksama!
GUNCANGAN MALAM Suara yang menggelegar, semua orang takut untuk mendengarnya. Dari bunyi satu ke bunyi lainnya, benar-benar menciptakan suara yang menakutkan. Malam yang dingin Lampu yang padam suara hewan malam mulai terdengar. …. Angin kencang menerobos tulang hatiku semakin tercekam Entah apa yang kupikirkan sama sekali tak bisa kuartikan Guncangan Malam itulah yang terjadi. Siti Halimah |
Majas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah …
A. Hujan turun dengan deras
B. Malam terus beranjak
C. Awan hitam menyelimuti malam
D. Pohon-pohon berdiri tegak
E. Suara jangkrik menggelitik
47. Bacalah penjelasan novel berikut dengan saksama!
Bab pertama novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata menceritakan bahwa dirinya yang dipanggil Ikal dan kedua temannya, Arai dan Jimbron adalah tiga remaja yang begitu nakalnya sehingga mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar, tokoh antagonis dalam buku ini. Namun, pada bab-bab berikutnya pembaca akan melihat potongan-potongan kisah yang seperti berdiri sendiri, sehingga seolah-olah Andrea hanya membuat cerpen-cerpen dalam satu buku. Tapi sebenarnya pada setiap bab, mulai awal hingga akhir, memiliki hubungan yang sangat erat. Seperti mozaik-mozaik dalam kehidupan. Novel yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat keputusasaan ,dan kesedihan. |
Kalimat resensi yang mengungkapkan kelemahan buku sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
- .Bahasa yang digunakan Andrea Hirata dalam novel Sang Pemimpi kurang menarik.
- Andrea Hirata dalam novelnya Sang Pemimpin kisah-kisahnya kurang berhubungan.
- Kisah tiap-tiap bab dalam novel Sang Pemimpi diungkapkan seolah-olah berdiri sendiri.
- Cerita yang diungkapkan Andrea Hirata dalam Sang Pemimpin tidak terjalin dengan baik.
- Amanat yang disampaikan melalui tokoh Ikal tidak memberikan contoh yang baik.
48. Bacalah kutipan esai novel berikut dengan saksama!
Dalam novel ini dapat dilihat bagaimana seorang Putu Wijaya mengonstrusi dan membuat sebuah alur cerita dengan rapi dan bagaimana penulis menjadikan psikologi tokoh digambarkan secara nyata dengan dialog yang singkat, namun menghidupkan suasana dalam novel dan klimaks tersebut. Putu Wijaya juga sukses membuat bagaimana alur itu menjadi sangat hidup dengan pertikaian yang sebenarnya sangat sederhana. Pertikaian yang muncul adalah masalah yang kompleks dan dapat atau sering kita jumpai dalam masyarakat kita. Dalam novel ini juga dapat diambil beberapa pesan moral yaitu dalam sebuah kejujuran memang sangatlah sulit untuk membuat situasi menjadi biasa. Terkadang kejujuran itu membutuhkan sebuah situasi yang jujur dan mampu menanggung segala risiko dengan baik dari segala perbuatan, sehingga topeng kemunafikan itu pun dapat disingkirkan. |
Kalimat esai yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
- Penokohan digambarkan Putu Wijaya dalam novel Bila Malam Bertambah Malam sangat kuat.
- Pertikaian yang terdapat dalam novel Bila Malam Bertambah Malam karya Putu Wijaya sangat rumit.
- Bahasa yang digunakan Putu Wijaya dama novel Bila Malam Bertambah Malam sulit dipahami.
- Pesan moral yang dapat kita ambil dalam novel Putu Wijaya adalah hindarilah perbuatan yang keji.
- Alur cerita yang diungkapkan Putu Wijaya dalam novel Bila Malam Bertambah Malam sangat hidup.
49. Bacalah puisi berikut dengan saksama!
Alkisah ada persahabatan yang damai. Persahabatan itu hanya ada dua orang. Namanya Lina dan Rika. Dua orang itu sangat berbeda. Rika sangat kaya dan sombong. Sedangkan, Lina seorang anak yang sederhana dan baik hati. Pada suatu hari Lina mengajak Rika berenang di pantai. Sesampainya di pantai dia berganti baju dan berenang. Rika menantang Lina. Dia ingin berenang sampai ke bawah laut. Ia harus menemukan benda yang berharga. Sesampainya di bawah laut Lina dan Rika mencari benda itu. Lina di kiri dan Rika di kanan. Rina melihat banyak harta hingga matanya berkaca-kaca. Cerpen persahabatan karya Eliza |
Kalimat kritik yang sesuai dengan cerpen tersebut asalah …
A. Cerpen persahabatan karya Eliza sulit untuk dipahami karena kalimatnya berbelit-belit
B. Alur cerpen tersebut menggunakan alur mundur sehingga kurang menarik
C. Cerpen Persahabatankarya Eliza menggunakan kalimat yang panjang.
D. Isi cerpen tersebut kurang menarik karena pengungkapannya seperti sinopsis.
E. Cerpen PersahabatanEliza tersebut kurang cocok untuk dibaca anak-anak .
50. Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama!
Pak RT : “ Asalamualaikum!” Pak Jaya : “Waalaikumsalam. Ada apa Pak RT? Tumben pagi-pagi sudah keliling” Pak RT : “ Ini ada surat edaran dari Bapak RW bahwa pintu timur di blok kita akan ditutup.” Pak Jaya : “ Ditutup? Mangapa harus ditutup? Pak RT : “ … “ Pak Jaya : “ Selama ini perumahan kita aman-aman saja. Saya tidak setuju. Bagaimana kalau kita mau keluar?“ Pak RT : ” Menurut surat edaran ini, kita harus berputar ke belakang.” Pak Jaya : ” Wah, jauh sekali! Yang memakai kendaraan tidak menjadi masalah. Tapi, bagaimana dengan yang berjalan kaki? Kasihan dong!” Pak RT : “ Kalau Pak Jaya tidak setuju, nanti kita adakan rapat dengan warga. Terus hasilnya kita sampaikan kepada Pak RW.” Pak Jaya : “Baiklah, kalau begitu” |
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan drama tersebut adalah …
A. Permintaan warga perumahan ini keamanannya harus betul-betul ditingkatkan lagi.
B. Menurut kabar dari warga lain, sudah beberapa kali terjadi kehilangan mobil dan motor.
C. Ya, begitulah Bapak RW kalau mempunyai ide tidak pernah dibicarakan dulu dengan warga.
D.Menurut surat edaran ini perumahan kita akan menggunakan sistem kluster agar lebih aman.
E. Perumahan yang memakai sistem kluster biasanya lebih aman dan menghemat tenaga keamanan.
Untuk mendapatkan soal Try Out UN BAHASA INDONESIA IPS SMA/MA Program IPS Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat mendownload file dalam format word, silakan Klik link dibawah ini:
BAHAN PERSIAPAN UN SMA 2013
Soal Try Out UN SMA/MA Program IPS Terbaru Tahun 2013 :
Soal Try Out UN SMA/MA Program IPA Terbaru Tahun 2013 :
Soal Try Out UN SMA/MA Program Bahasa Terbaru Tahun 2013 :
SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN IPS
SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN IPA
Aprudin, S.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar