UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Senin, 17 November 2008

Fisika Asyik


Ada situs fisika Indonesia yang menarik nih sahabat, namanya FisikaAsyik.com yaitu sebuah situs tempat belajar fisika dengan asyik mudah dan menyenangkan. Berisi profil, berita sains, kamus sains, tanya - jawab, download soal-soal jawaban fisika gratis.

Perjalanan FisikaAsyik.com bermula dari bulan Juli 1999, sebagai sarana sosialiasi Olimpiade Fisika Asia (Asian Physics Olympiade) yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia. Pada kegiatan internasional bergengsi ini, selain puncak acara yaitu Olimpiade itu sendiri, panitia Olimpiade Fisika Asia juga menyelenggarakan acara yang diharapkan akan menggugah pelajar-pelajar di Indonesia tentang keberadaan ilmu Fisika yang merupakan modal dasar dalam pembangunan sebagai pilihan mereka dalam kuliah.

Berbagai macam perlombaan nasional diadakan seperti Science Fair 2000, Kongres guru Fisika, Pameran iptek tingkat SMA, dan pameran buku yang diikuti bahkan oleh peserta dari Republik Rakyat China. Komik kolom Fisika itu Asyik karya Yohanes Surya Ph.D yang dimuat di harian Suara Pembaruan awalnya ditujukan sebagai bagian dari misi untuk menggugah pelajar dan umum mengenai Fisika.

Pada tahun 2001, Fisika Asyik menjadi bentuk elektronik dalam bentuk FisikaAsyik.com. Tanggapan pengguna internet pada awalnya saja mencapai puncak hingga 1150 hits per-bulan Statistik dari Situs searchindonesia.com, menjadikannya situs edukasi terdepan di Indonesia pada triwulan tahun 2001.

Di tahun 2002, Indonesia dijadwalkan menjadi penyelenggara Olimpiade Fisika tingkat Internasional ke-33. Di tengah ketidakpastian Indonesia sebagai tuan rumah sebagai akibat peristiwa 11 September 2001 di Amerika dan kerusuhan di Bandung, FisikaAsyik.com mencoba tetap eksis. Saat itu kolom komik Fisika Itu Asyik dipindahkan ke harian Kompas bagian Iptek yang terbit setiap Jumat dengan harapan untuk menjangkau kalangan pembaca yang lebih luas lagi.

Pada tahun yang sama, penyelenggaraan Olimpiade Fisika Internasional ke-33 dipindahkan dari Bandung ke Bali. Di tahun yang sama berbagai komik Fisika itu Asyik dimuat dalam berbagai media seperti Tabloid Fantasi, Kompas, Media Indonesia dan Koran Tempo bahkan dibuat dalam edisi cetak.

Setelah sempat vakum selama satu tahun, pada bulan November 2004, P.T. Equinox Sains Media yang menyediakan pelayanan untuk pembelajaran Sains secara distant learning menjadi penerus misi FisikaAsyik.com hingga sekarang.

Dengan motto "Sains Untuk Semua" P.T. Equinox Sains Media berharap momentum yang berhasil diperoleh FisikaAsyik.com di tahun 2000 lalu akan terus mengilhami ribuan pelajar dari berbagai generasi untuk menjadikan Sains sebagai favorit mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar