UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Sabtu, 07 Juli 2012

Berat Ideal Ayam Kampung

Dalam usaha ternak ayam kampung baik itu berupa daging maupun telur, bobot ayam atau berat badan adalah patokan yang harus dicapai dalam menciptakan hasil yang optimal. Berat badan yang kurang atau tidak ideal akan mempengaruhi produksi. Untuk meningkatkan hasil produksi daging dan telur ayam kampung, peternak harus mengetahui berapa berat ideal ayam kampung. Berat badan atau bobot dari ayam kampung yang ideal tersebut adalah sebagai berikut :

Berat Ayam Kampung


Sumber : "Beternak Ayam Kampung Sistem Battery Hal. 43, Oleh Ir Dudung Abdul Muslim"

Dalam penimbangan tidak dibedakan antara ayam jantan dengan ayam betina. Namun ayam dara jantan harus dipisah, karena pertumbuhan dan perkembangan ayam dara jantan lebih cepat dibanding ayam dara betina. Saat ayam dara jantan berumur 12 minggu, ayam dara jantan sudah mencapai bobot atau berat badan ideal sebesar 802,05 gr. Dan pada umur 28 minggu bisa mencapai 1,8 hingga 2 kg.

Dengan mengetahui berat badan ayam kampung yang ideal maka hasil telur ataupun daging akan lebih baik bila dibandingkan dengan ayam kampung yang memiliki berat kurang ideal. Berat badan ini sebagai acuan bilamana ternak ayam kita kurang memenuhi standar di atas. Kita akan terus mengupayakan supaya ternak kita akan mencapai berat ideal sesuai dengan umur tersebut.

Apabila dalam umur tersebut kurang memenuhi standar berat ideal ayam kampung di atas ada baiknya kita meningkatkan manajemen ternak kita. Mungkin pakan atau pemberian ransum yang kurang baik kuantitas maupun kualitas, atau dari segi lain yang mempengaruhi hasil ternak. Perbedaan atau kekurangan sedikit saja akan mempengaruhi hasil ternak.

Untuk menganalisa masalah berat rata-rata ayam kampung yang kurang memenuhi standar, ada baiknya kita menengok masalah pemberian pakan atau ransum. Pakan atau ransum merupakan masalah utama dalam mengatasi masalah ayam kampung yang kurang mencapai bobot. Anda bisa lihat di posting yang lalu berikut ini :
Apabila dirasa sudah cukup, mungkin juga kita analisa lagi tentang :

Dengan menganalisa sedikit masalah tersebut diharapkan ternak kita mendapatkan berat badan rata-rata ayam kampung. Sehingga didapatkan berat ideal ayam kampung yang memenuhi standar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar