Berikut ini adalah kisi-kisi Soal Aqidah Akhlak UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional) Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Semua mata pelajaran yang di UAMBN-kan telah diterbitkan oleh Dirjen pendis Kisi-kisi soalnya melalui Keputusan Dirjen pendis No. 21 tahun 2013.
Untuk mendowload Keputusan Dirjen pendis No. 21 tahun 2013 Tentang Ketentuan Pelaksanaan UAMBN Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Tingkat MI, MTsN, Dan MA Tahun 2013 dapat di dowload melalui Link dibawah ini :
Sedangkan untuk Kisi-kisi soal Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MI/Mts dan MA sebagai berikut:
A. KISI-KISI AQIDAH AKHLAK UAMBN MADRASAH IBTIDAIYAH
No | Standar Kompetensi Lulusan | Indikator |
1 | Mengenal dan meyakini rukun iman dari iman kepada Allah sampai dengan iman kepada Qada dan Qadar melalui pembiasaan dalam mengucapkan kalimat-kalimat thayyibah, pengenalan, pemahaman sederhana, dan penghayatan terhadap rukun iman dan al-asma’ al-husna, serta pembiasaan dalam pengamalan akhlak terpuji dan adab Islami serta menjauhi akhlak tercela dalam perilaku sehari-hari. | Haadii, al-Adlu, dan al-Hakam) · Menyebutkan nama kitab dan nabi penerimanya · Mengidentifikasi keuntungan berakhlak terpuji · Mengidentifikasi sikap Masyithah ketika akan menghadapi hukuman dari Fir’aun · Mengidentifikasi contoh akhlak tercela Tsa’labah · Menyebutkan waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat thayyibah salam · Menyebutkan perilaku orang yang mengenal Allah melalui al-asma’ al-husna (as- Salaam, al-Mukmin, dan al- Latiif) · Menyebutkan tugas seorang rasul · Menyebutkan cara meneladani sifat wajib bagi rasul · Mengidentifikasi akhlak terpuji dari rasul yang termasuk dalam Ulul Azmi · Menunjukkan cara menghindari sifat munafik · Menyebutkan waktu mengucapkan kalimat thayyibah · Menyebutkan perilaku orang yang mengenal Allah melalui al-asma’ al-husna (al-Wahhaab,ar-Rozzaaq, al-Fattaah, asy-Syakuur, dan al-Mughni) · Menyebutkan nama-nama lain hari kiamat · Menyebutkan tanda-tanda kiamat · Menjelaskan sifat terpuji (qanaah, optimis dan tawakkal) · Menyebutkan adab ketika berada di tempat ibadah atau tempat umum · Menyebutkan ciri akhlak tercela (pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa) · Menyebutkan lafadz kalimat thayibah tarji’ · Menyebutkan makna al-asma’ al-husna (al-Muhyii, al-Mumiit dan al-Baaqii) · Menyebutkan perilaku orang yang mengenal Allah swt. melalui al-asma’ al-husna (al-Muhyii, al-Mumiit dan al-Baaqii) · Menyebutkan keuntungan memiliki akhlak terpuji (teguh pendirian dan dermawan) · Menyebutkan perilaku orang yang berakhlak baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat · Menyebutkan akhlak yang tidak perlu diteladani dari kisah Qarun · Menyebutkan arti kalimat thayyibah istighfar · Menyebutkan keuntungan membiasakan mengucapkan kalimat thayyibah istighfar · Menunjukkan bukti bahwa Allah swt. bersifat sesuai dengan al-asma’ al-husna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al-Qadir) · Menyebutkan perilaku orang yang mengenal Allah melalui al-asma’ al-husna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al-Qadir) · Menyebutkan pengertian takdir Allah swt. · Menyebutkan hikmah beriman kepada takdir Allah swt. · Menunjukkan sikap yang tepat ketika menghadapi takdir Allah swt. · Memberi contoh takdir Allah swt. · Mengidentifikasi salah satu contoh perilaku akhlak terpuji · Menyebutkan istilah akhlak terpuji (tanggung jawab, adil, dan bijaksana) dalam agama Islam · Memberi contoh akhlak terpuji · Menyebutkan tanda-tanda akhlak tercela · Menyebutkan salah satu contoh dari akhlak tercela · Menyebutkan salah satu contoh perbuatan yang bisa menyebabkan seseorang menjadi murtad · Mengidentifikasi kerugian mempunyai sifat marah · Menyebutkan jumlah minimal istihgfar yang dibaca Nabi Muhammad saw. dalam sehari semalam · Menyebutkan pengertian taubat · Menyebutkan perilaku orang yang mengenal Allah swt. melalui al-asma’ al-husna (al-Ghafuur, al-Afuwwu, ash- Shabuur dan al-Haliim) · Menyebutkan sifat sabar dan taubat dari kisah Nabi Ayub as. dan kisah Nabi Adam as. · Terbiasa berakhlak baik terhadap binatang dan tumbuhan |
B. Kisi-Kisi Soal Aqidah Akhlak UAMBN Madrasah Tsanawiyah (MTs)
No | Standar Kompetensi Lulusan | Indikator |
1 | Memahami dasar dan tujuan akidah Islam | · Menentukan kedudukan salah satu dasar akidah Islam · Menunjukkan manfaat mempelajari akidah Islam |
2 | Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya, dan menerapkan akhlak terpuji kepada Allah | · Menunjukkan dalil tentang sifat Allah yang terkandung di dalam ayat Al-Qur’an · Menunjukkan bukti bahwa Allah memiliki sifat wajib bagi Allah SWT · Menunjukkan arti sifat wajib bagi Allah · Menunjukkan lawan kata sifat wajib Allah · Menunjukkan bentuk dan contoh-contoh perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat |
3 | Memahami al-Asma al-Husna, dan Meningkatkan keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib selain malaikat | · Menyebutkan nama Allah berdasarkan peristiwa yang terjadi · Menunjukkan bahwa Allah bersifat al-‘Aziiz, al-Ghaffar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Ra`uf, al-Barr, al-Ghaffar, al-Fattah, al-‘Adl, al-Qayyuum) · Menunjukkan bukti adanya malaikat dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan · Menunjukkan tugas-tugas para malaikat Allah SWT · Menunjukkan perilaku orang yang meneladani sifat malaikat dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan |
4 | Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT | · Menjelaskan pengertian riya' dan nifaaq · Menunjukkan contoh perbuatan riya dan nifaaq |
5 | Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT |
|
6 | Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri,dan menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri |
|
7 | Meningkatkan keimanan kepada rasul Allah, dan Memahami mu’jizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash) |
|
8 | Menerapkan akhlak terpuji kepada sesama dan menghindari akhlak tercela kepada sesama |
|
9 | Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam ghaib yang masih berhubungan dengan hari akhir, dan menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri |
|
10 | Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan Qadar serta menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja |
· Menunjukkan contoh perilaku akhlak tercela dalam pergaulan remaja |
C. Kisi-Kisi Soal Aqidah AkhlakUAMBN MA (MA Program IPA/IPS/BAHASA)
No | Standar Kompetensi Lulusan | Indikator |
1 | Memahami prinsip-prinsip dan metode peningkatan kualitas aqidah |
|
2 | Memahami pengertian dan istilah-istilah tauhid, macam-macam tauhid serta perilaku orang yang bertauhid |
|
3 | Memahami pengertian syirik, macam-macam syirik dan perilaku orang yang berbuat syirik |
|
4 | Memahami pengertian akhlak dan ciri akhlak Islami |
|
5 | Memahami dan meningkatkan keimanan kepada Allah melalui sifat-sifat Allah dan Asmaul Husna serta meneladani sifat Allah |
|
6 | Membiasakan perilaku terpuji (husnuzan dan tobat) | · Menentukan pengertian husnuzan. · Menentukan pengertian tobat |
7 | Menghindari perilaku tercela: riya, zalim dan diskriminasi |
|
8 | Memahami pengertian ilmu kalam |
|
9 | Memahami aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Syiah, Al-Asyariyah, Mu’tazilah, dan tokoh-tokohnya) serta teologi transformatif dan teologi pembebasan. |
|
10 | Membiasakan perilaku terpuji (akhlak berpakaian, berhias, berjalan, dan bertamu) |
· Menentukan kandungan QS. An-Nur : 27. |
11 | Membiasakan perilaku terpuji (akhlak berpakaian, berhias, berjalan, dan bertamu) |
|
12 | Menghindari perilaku tercela (mabuk-mabukan, berjudi, berzina, dan narkoba) |
|
13 | Memahami pengertian tasawuf, asal-usul tasawuf, karakteristik tasawuf dan maqomat tasawuf |
|
13 | Membiasakan perilaku terpuji (Adil dan Ridha) |
|
14 | Menghindari perilaku tercela (israf dan tabzir) |
|
Untuk mendapat Kisi-Kisi Soal Al-Qur’an-Hadis, Kisi-kisi Soal Aqidah Akhlak, Kisi-kisi Soal Bahasa Arab, Kisi-kisi soal Fiqih, Kisi-kisi Soal Sejarah Kebudayaan Islam Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) MI, MTs dan MA Tahun Pelajaran 2012/2013 secara lengkap dapat di download dengan cara MENGKLIK LINK DIBAWAH INI:
Untuk siswa Sekolah dasar dapat juga mendowload kisi-kisi USBN Pendidikan Agama Islam Melalui Link Dibawah INI :
Baca Juga Artikel Pendidikan Lainnya :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar