UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Kamis, 21 Juni 2012

Mengapa Memilih Ternak Ayam Kampung Asli?

Ayam kampung asli adalah ayam khas Indonesia. Asli ayam dari beberapa daerah di Indonesia. Dalam artikel ini penulis ingin mengulas mengapa kita memilih ayam kampung sebagai ternak kita. Ayam kampung memiliki beberapa keunggulan dibanding ayam khas negeri.

Mengapa memilih ayam kampung asli?
Ayam kampung memiliki potensi tersendiri dibanding ayam ras seperti broiler ataupun ras-ras lain. Alasan mengapa memilih ternak ayam kampung asli adalah :
1. Harga relatif lebih tinggi
Harga daging maupun telur ayam kampung asli memiliki nominal yang lebih tinggi dibanding ayam ras seperti DOC Super ataupun broiler. Ini dikarenakan pemeliharaan memerlukan waktu dan biaya yang lebih dibanding ayam ras. Harga ini disebabkan masih kurangya jumlah peternak ayam kampung asli. Saya sendiri masih kesulitan mencari telur dan bibit yang susah dicari. Ini merupakan alasan mengapa memilih ternak ayam kampung asli.

2. Nutrisi yang lebih dari ayam dan daging telur
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ayam kampung memiliki nutrisi yang lebih tinggi dibanding ayam ras. Lemak yang rendah dan berbagai protein yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

3. Pemeliharaan mudah
Pemeliharaan yang mudah dan tidak ribet juga menjadi alasan mengapa memilih ternak ayam kampung asli. Kita sudah sering menjumpai di daerah sekitar yang memelihara ayam kampung asli. Tinggal bagaimana menjadikan ternak ayam kampung lebih intensif dan optimal

4. Potensi pasar masih bagus
Banyak diantara konsumen lebih memilih ayam kampung asli ketimbang ayam ras. Mereka beranggapan ayam kampung masih menjadi pilihan dan mempunyai kelebihan tersendiri. Ayam ras seperti broiler berasa hambar, dan ayam kampung super yang kurang laku jika dijual di pasar ataupun dari segi pemasaran.

5. Perkembangan merata
Salah satu kelebihan ayam kampung adalah dari segi perkembangan. Banyak rumah makan atau konsumen terbesar menginginkan berat dan jumlah yang seimbang dan hampir sama persis. Tidak seperti ayam kampung super yang perkembangan badan tidak merata.

6. Ternak Multi Fungsi
Dikarenakan ternak multi fungsi adalah berbagai hasil ternak yang dapat kita kembangkan mulai dari telur, DOC, ayam dara, induk bahkan sampai limbah kotoran, bulu dll mampu mendatangkan rupiah. Jadi alasan memilih ternak ayam kampung adalah tepat. Selain itu ayam kampung sendiri mampu dijadikan sebagai tujuan bisnis yang berbeda seperti suara kokok (ayam hias), ayam aduan, ayam pedaging, ayam petelur, bahkan sebagai klangenan atau untuk adat (ayam cemani).

Itulah sedikit keunggulan dari mengapa kita memilih ayam kampung asli. Tentu masih banyak keunggulan atas ayam kampung yang tidak tertulis di sini. Jadi jenis ayam apa yang akan sahabat budidaya?

Motivasi peternak
diambil dari bacaan Alkitab Setahun : Amsal 4; Yohanes 14; 1 Tawarikh 20-22
Biarlah kita menerima tanggung jawab, bahwa kita punya kuasa untuk memilih, dan apa yang kita pilih akan menentukan menjadi apakah kita di masa mendatang.
Bahwasanya karunia Tuhan terbesar adalah kuasa untuk memilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar