UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Sabtu, 22 Desember 2012

KISI-KISI UN SMP/MTs MAPEL IPA 2012/2013


Kisi-kisi Ujian Nasional tahun pelajaran 2012/2013 sudah diterbitkan oleh BSNP pada tanggal 20 November 2012. Oleh karena itu untuk adik-adik pelajar yuk kita persiapkan dengan sebaik-baiknya. Tidak perlu takut asal semua sudah kita persiapkan Insya Allah akan berhasil.  Blog ini juga menampilakan ringkasan materi beserta prediksi soal sesuai kisi-kisi Ujian Nasional SMP/MTs tahun 2013. Silahkan adik-adik pelajari dan juga kerjakan soal-soalnya. Berikut ini kisi-kisi ujian nasional 2012/2013  untuk tingkat SMP/MTs Mapel IPA.

4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
NO. IND.
1
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.

1
2
Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan  sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan  dalam kehidupan sehari-hari
2
Menentukan konversi suhu pada termometer
3
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
4
3
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum
Newton dalam kehidupan sehari-hari.
5
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi
6
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
7
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat
8
4
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.
Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
9
Menjelaskan  sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
10
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan  cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
11
5
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
12
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm atau Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
13
Menentukan besaran fisis energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari
14
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub- kutub yang dihasilkan.
15
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.
16
6
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.
Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari.
17
7
Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.
Mendeskripsikan atom, ion, dan  molekul serta hubungannya dengan produk kimia sehari-hari.

18
8
Memahami klasifikasi zat  serta perubahannya
Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam.
19
Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran termasuk rumus kimia
20
Mendeskripsikan sifat kimia atau  fisika zat tertentu serta perubahannya.
21
9
Mendeskripsikan pemakaian bahan kimia tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia
22
Mendeskripsikan bahan kimia adiktif  dan obat psikotropika serta cara menghindarinya.
23
10
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
24
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri- cirinya.

25
11
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem
26
Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan
27
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.

28
12
Menjelaskan sistem organ pada manusia.
Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
29
Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan enzim- enzim yang berperan pada proses pencernaan
30
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya
31
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
32
Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya
33
Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada manusia.
34
13
Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan

Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ) pada tumbuhan.
35
Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
36
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan- percobaan tentang proses tersebut.
37
14
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya  dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
38
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel
39
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
40
Kompetensi–Standar Isi–2012-2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar