UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Minggu, 23 Desember 2012

Manajemen Brooding DOC Sederhana

brooder sederhana
Sahabat ternak, membuat brooder walaupun sederhana namun dengan benar akan menjamin keberhasilan dalam sistem pemeliharaan ayam kampung kedepannya. Bagaimana brooder sederhana namun mampu mencukupi kebutuhan ayam kampung? Kami ada sedikit teknik mengenai membuat brooder DOC sederhana namun efektif dan efisien. Anda sedang memelihara DOC (umur 1-7 hari) juga? Baiklah mari kita bahas.

Brooder adalah kandang untuk ayam usia 1-7 hari. Pada umumnya para peternak ayam menyebut brooder DOC. Sedangkan pembesaran ayam buras dalam masa ini disebut brooding DOC. Apa perbedaan brooder dengan kandang pembesaran? Berikut penjelasannya

Saat ayam anda menginjak pada masa ini DOC (usia 1-7 hari) masih memerlukan perlindungan (chicken guard) untuk menjaga dirinya dari kematian.

Tujuan Booding Ayam Kampung
1. Menggantikan tugas induk sebagai pengeram atau penghangat
Alasannya adalah ayam baru bisa mengatur suhu tubuhnya atau thermoregulasi pada usia 14 hari (Chirstina Lisis L. : Technical Support Manager PT. Medion)
2. Percepatan produktivitas ayam
Alasannya adalah sementara DOC dipelihara tersendiri, induk ayam dipaksa untuk memproduksi kembali
3. Perlindungan anak ayam
Alasannya adalah anak ayam dalam usia dini masih rentan terhadap kematian maka dari itu dipakailah sistem chick guard atau perlindungan bagi anak ayam.

Ukuran Ideal Brooder Ayam
Ukuran ideal untuk brooder ayam kapasitas 1000 ekor adalah diameter 4,5 meter berbentuk lingkaran. (info medion). Jika kita belum memelihara sebanyak itu, tentunya ukuran brooder disesuaikan agar perkembangan lebih cepat. Brooder sempit dari kapasitas dapat menyebabkan aktifitas DOC kurang. Sementara brooder terlalu besar dari kapasitas menyebabkan pertumbuhan lebih lama serta membutuhkan sumber panas lebih besar.

Manajemen penempatan perlengkapan brooder
penempatan alat peternakan
Perlengkapan brooder wajib ada adalah :
a. Pemanas
b. Tempat Pakan
c. Tempat Minum
Posisikan perlengkapan seperti gambar di atas! Dengan tujuan setiap kegiatan anak ayam dapat mencapai sumber panas, sumber minum, dan sumber pakan dengan mudah. Posisi dan perlengkapan diusahakan lebih dari 1 dengan tujuan pemerataan agar semua DOC tumbuh dengan merata.

Kesalahan Masa Brooding
Banyak kesalahan dalam cara budidaya ayam kampung dalam masa ini. Berikut kesalahan yang sering terjadi dalam masa brooding :

1. Kandang belum siap, doc sudah datang (Chick in)
Alasannya adalah jika doc mengalami perpindahan tempat sedangkan fungsi brooder belum ada akibatnya ayam mengalami dehidrasi, bahkan menimbulkan stress karena perubahan suhu mencolok.
2. Suhu dan kelembaban tidak tepat
Alasan jika saat DOC tidak mendapat suhu ideal maka cadangan makanan dalam tubuh DOC akan mengeras dan tidak terserap sempurna. Akibatnya nutrisi pada cadangan makanan kurang diserap sempurna. (trobos edisi November 2012). 
Suhu ideal pertumbuhan ayam dapat dilihat di Suhu ideal ayam kampung
3. Kesalahan pemberian pakan
Alasannya adalah saluran pencernaan makanan pada DOC masih lembut dan lemah. Jika pemberian pakan tidak sesuai dengan jenis pakan, akibat terburuk DOC pasti mati karena belum dapat mencerna dengan baik. (trobos edisi November 2012). 
Cara pemberian pakan diulas lengkap pada cara memberi pakan ayam
4. Kesalahan memasukkan dan mengeluarkan DOC dari brooder
Alasannya ayam akan diam, menutup mata, bahkan lebih parah lagi kehilangan nafsu makan.
Solusi : Perlakukanlah DOC pada brooding dengan kalem, jangan tergesa-gesa dan sabar.
5. Kesalahan keluar masuk perlengkapan peternakan
Alasannya membuat suasana menjadi gaduh dan ayam berlarian jika perlakuan perlengkapan brooder (tempat minum dan pakan) terlalu kasar. Pada akhirnya berakibat tubuh saling berbenturan dan jika bahan brooder tidak rata mengakibatkan luka (terutama paruh ayam).
6. Aturlah alas agar selalu kering, usahakan ganti litter atau alas jika basah dengan tujuan menghindari lembabnya brooder yang jelas merugikan DOC.

Contoh Brooder Sederhana dari Kardus
brooder sederhana
Pada bagian atas berilah kawat strimin atau penutup. Alas berupa serat kayu atau kertas koran.
Hal-hal perlu diperhatikan dalam masa brooding ini adalah :
1. Pemberian pakan
Pemberian pakan untuk DOC haruslah tepat supaya anak ayam tidak mati. Lihat jenis pakan untuk ayam usia muda di jenis pakan berdasar umur
2. Analisa Biaya Listrik
Penghitungan biaya pengeluaran tentang kebutuhan pemanas dapat di lihat pada analisa biaya listrik peternakan ayam kampung.

Referensi :
Trobos Edisi November 2012
Info Medion : manajemen brooding
Agus Murtidjo, Bambang (1992) Mengelola Ayam Buras : Kanisius, Yogyakarta

Glossary
Chick guard : Area brooder
Thermoregulasi : Pengaturan suhu tubuh
Chick in : Ayam tiba atau ayam masuk
Baik tidaknya performance ayam di masa selanjutnya, sering kali ditentukan dari bagimana pemeliharaan ayam kampung dalam masa brooding. (Info Medion)
Diperbaharui pada 27 Desember 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar