UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Jumat, 11 Januari 2013

SKL 18

SKL 18
UN IPA SMP/MTS 2013
 Kompetensi :  Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk  
                      kimia sehari-hari.
 Indikator    :  Mendeskripsikan atom, ion, da molekul serta hubungannydengan produ
                     kimia sehari-hari

Ringkasan Materi
ATOM, ION, DAN MOLEKUL,

Setiap zat tersusun  atas partikel-partikel terkecil, bisa berupa atom, molekul, atau ion.
1. ATOM
Sumber : wonderpics.wordpress.com
TEORI ATOM
1. Leucippus dan Democritus
Sekitar 450 tahun sebelum Masehi, Leucippus dan Democritus ( ahli filsafat Yunani ) merupakan orang yang pertama kali mengemukakan keberadaan partikel terkecil yang menyusun materi. Kedua orang tersebut menyatakan bahwa semua materi disusun oleh partikel-partikel yang sangat kecil sekali dan tak dapat dibagi-bagi lagi yang disebut atom. Atom berasal dari bahasa Yunani, yakni atomos (berarti tidak dan tomos berarti terbagi). Ukuran atom sangat kecil, jari-jarinya sebesar  10-8 cm. 



2. Aristoteles
         Ia menyatakan bahwa materi bersifat kontinu, artinya dapat dibagi terus menerus  tanpa batas.

3. John Dalton
       Teori tentang atom yang sangat terkenal adalah Teori atom John Dalton. Pokok-pokok teori atom  John Dalton antara lain :

  a. Setiap materi terdiri atas partikel terkecil yang disebut atom
  b. Unsur terdiri atas atom yang sejenis
  c. Atom-atom suatu unsur adalah identik ( memiliki massa, ukuran, dan sifat yang  sama ), tetapi berbeda dari atom unsur lain
  d. Senyawa adalah materi yang terdiri atas dua jenis atom atau lebih dengan perbandingan tertentu
 e. Reaksi kimia adalah merupakan penataan ulang atom-atom. Suatu atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan atau diubah menjadi atom unsur lain pada suatu reaksi.


Pendapat Dalton mengenai atom ini kemudian disempurnakan oleh ahli-ahli yang lain seperti J.J. Thomson, Rutherford, Niels Bohr, dan Louis de Broglie. Menjelang abad ke-19, diketahui bahwa atom bukanlah partikel yang tidak dapat dibagi-bagi lagi karena mengandung sejumlah partikel subatomik yaitu : 
-  inti atom ( nukleus ) yang terdiri dari : 
   1. proton   : bermuatan positif, dan 
   2. netron   : tidak bermuatan
-  elektron : bermuatan negatif, bergerak mengelilingi inti atom 

Gambar : Model Atom
Jumlah dari massa proton dan neutron disebut nomor massa yang besarnya hampir sama dengan massa atom. Contoh: atom oksigen mempunyai nomor atom 8 dan nomor massa 16, sehingga atom oksigen
mengandung 8 proton dan 8 neutron.
Nomor massa (A) = Jumlah proton + Jumlah neutronatau
Jumlah neutron = Nomor massa – Nomor atom

Penulisan lambang atom unsur menyertakan nomor atom dan nomor massa adalah sebagai berikut :


                                                                         
          Keterangan:
          X = lambang atom
          A = nomor massa
          Z = nomor atom

         Contoh: atau 11Na23
         - nomor atom = 11,  dan 
         - nomor massa = 23.
       
2. ION
ØIon ditemukan pertama kali oleh fisikawan Jerman, Julius Elster dan Hans Friedrich Geitel pada tahun 1899. Ion adalah atom atau gugus atom yang bermuatan listrik.
Ø  Ion-ion yang bermuatan positif (kation) berikatan dengan ion bermuatan negatif (anion) melalui ikatan ion dan membentuk senyawa ion.
Ø Senyawa yang terdiri atas ion-ion disebut senyawa ion. Contoh senyawa ion adalah :
a).  Garam dapur atau Natrium Chlorida ( NaCl ) terdiri atas ion natrium positif ( Na+ ) dan ion khlorida negatif ( Cl- )
b).  Tawas atau alumunium sulfat ( Al2(SO4)3 terdiri atas ion alumunium positif ( Al3+) dan ion sulfat negatif ( SO42- )
Ø Muatan elektron merupakan jumlah muatan terkecil yang disebut sebagai muatan dasar (e). Muatan ion adalah satu kali atau beberapa kali muatan dasar tersebut. Karena itu, muatan ion hanya dituliskan dengan angka satu atau kelipatan dari muatan tersebut.
Ø Logam-logam membentuk ion-ion bermuatan positif (kation).
Ø  Ion-ion unsur bukan logam sebagian besar membentuk ion bermuatan negatif (anion).
Ø Atom-atom dalam keadaan netral mengandung muatan positif dan negatif yang sama jumlahnya.
Ø Atom-atom dapat  berubah menjadi ion saat menerima atau melepaskan elektron.
Ø Ion-ion logam alkali (IA) selalu membentuk ion-ion bermuatan positif satu, misalnya ion litium (Li+), ion natrium (Na+), dan ion kalium (K+).
Ø Ion-ion logam alkali tanah (IIA) memiliki muatan positif dua, misalnya ion kalsium (Ca2+) dan magnesium (Mg2+).
Ø Ion-ion dari unsur golongan halogen (VIIA) selalu bermuatan negatif satu, yaitu ion fluorida (F), ion klorida (Cl), ion bromida (Br), dan ion iodida (I).
Ø  Ion-ion dari golongan VIA, seperti oksigen membentuk ion bermuatan negatif dua, oksida (O2–) atau belerang yang juga membentuk ion bermuatan negatif dua, sulfida (S2–).
Ø Dari unsur golongan VA, terdapat unsur nitrogen yang mampu membentuk ion bermuatan negatif tiga, nitrida (N3–).
Ø Unsur-unsur golongan gas mulia ( VIIIA ) tidak membentuk ion.
Ø Ada juga ion yang berasal dari gabungan dua atau lebih atom unsur yang berbeda (poliatom). Misalnya :
a. ion sulfat bermuatan negatif dua (SO4 2–),
b. ion nitrat bermuatan negatif satu (NO3),
c. ion asetat bermuatan negatif satu (CH3COO),
d. ion amonium yang bermuatan positif satu (NH4+),
e. dan ion hidroksil yang bermuatan negatif satu (OH).
Ø Zat-zat yang tersusun atas ion memiliki muatan listrik netral karena jumlah muatan positif dan negatifnya sama. Contoh:
a. natrium klorida (NaCl) tersusun atas ion natrium yang bermuatan positif satu dan ion klor yang bermuatan negatif satu dalam perbandingan 1 : 1
b. magnesium klorida (MgCl2) tersusun atas ion magnesium yang bermuatan positif dua dan dua ion klor yang bermuatan negatif satu dalam perbandingan jumlah ion magnesium dan jumlah ion klor = 1 : 2.  Dengan demikian, jumlah muatan positif yang berasal dari ion magnesium sama dengan jumlah muatan negatif yang berasal dari ion-ion klor.
c. Dalam aluminium klorida (AlCl3), satu ion aluminium yang bermuatan positif tiga dinetralkan oleh tiga ion klor yang bermuatan negatif satu.


Kisi Kristal 
Ion bisa berasal dari satu atau lebih jenis unsur. Senyawa yang tersusun atas ion-ion tidak membentuk molekul melainkan kisi kristal. Dalam suatu kisi kristal, ion-ion yang saling berlawanan tersusun dengan susunan antar ion tertentu. Misalnya,  senyawa garam dapur. Antara ion-ion positif dan negatif yang menyusun suatu garam saling tarik-menarik satu dengan lainnya membentuk kisi kristal. Berikut ini digambarkan salah satu model kisi kristal dari senyawa garam dapur atau natrium klorida (NaCl).



3. MOLEKUL
Semua zat tersebut tersusun atas partikel-partikel terkecil materi yang disebut molekul. Dua atau lebih atom dapat bergabung membentuk molekul. Jadi, molekul adalah gabungan dua atau lebih atom yang sama atau berbeda. Molekul juga diartikan sebagai bagian terkecil dari suatu senyawa yang bersifat netral. Molekul dibagi menjadi 2 jenis, yaitu molekul unsur dan molekul senyawa.
A. Molekul unsur
Molekul unsur merupakan gabungan dari dua atau lebih atom-atom unsur yang sejenis. Misalnya : hidrogen ( H2 ), nitrogen ( N2 ), oksigen ( O2 ), klorin ( Cl2 ), bromin ( Br), iodin ( I2 ), fosfor ( P4 ), dan belerang ( S8 ).
Molekul unsur digambarkan dengan simbol yang sama. Misalnya : O2

B. Molekul senyawa 
    Molekul senyawa merupakan gabungan dari atom-atom unsur yang tidak sejenis.
Contoh molekul senyawa antara lain :
    1. Air H2O.
Molekul ini tersusun atas dua atom unsur hidrogen dan satu atom unsur oksigen (rumus H2O). Karena molekul air tersusun dari atom-atom unsur yang berbeda maka molekul air termasuk molekul senyawa. Molekul air dapat dihasilkan dari reaksi antara molekul unsur hidrogen dan molekul unsur oksigen. Jumlah atom pada suatu reaksi akan tetap sehingga fenomena adanya Hukum Kekekalan Massa (jumlah massa zat-zat yang bereaksi sama dengan jumlah massa zat-zat hasil reaksi) dapat dipahami.
                          
2. Gula putih (C12H22O11) yaitu zat yang biasa menjadi campuran untuk membuat minuman.
3. Gas karbon monoksida (CO).  Karbon monoksida adalah gas yang dapat meracuni darah kita sehingga menimbulkan kematian.
4. Etanol (C2H5OH). Etanol yaitu zat yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan, seperti sterilisasi, campuran minuman keras, dan bahan bakar.
5. Contoh lain senyawa molekul yaitu : karbon dioksida ( CO2 ), alkohol ( C5H2OH ), dan asam cuka ( CH3COOH ). 
Molekul senyawa digambarkan dengan simbol yang berbeda untuk masing-masing atom, misalnya : CH3

                                         

ATOM, ION, DAN MOLEKUL
DALAM PENGGUNAANNYA PADA PRODUK KIMIA 
DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.

A. Bahan Kimia dalam produk rumah tangga
1. Pasta gigi
Pasta gigi mengandung bahan-bahan berupa kalium hidroksida ( KOH ), natrium karbonat, gliserin, minyak kelapa, talk, mentol, gula pasir, kalsium gliserofosfat (CaGP), dan natrium fluorofosfat ( NaFPO4 ).
2. Detergen
Detergen mengandung natrium alkil benzena sulfonat (Na-ABS ) atau natrium linear alkil sulfonat ( Na-LAS )
3. Sampo ( Pembersih rambut )
Sampo dibuat dari bahan-bahan seperti natrium dozesil sulfat atau natrium lauril sulfat.
4. Pembersih Lantai
Pembersih lantai kamar mandi menggunakan bahan berupa asam klorida ( HCl ), karena HCl mampu melarutkan beberapa campuran bahan pembersih lainnya yang tidak dapat larut dalam air tetapi dapat larut dalam HCl, sehingga mampu membersihkan kotoran  pada lantai dengan lebih baik.
5. Pemutih Makanan
Bahan pemutih makanan digunakan agar makanan tampak lebih menarik. Bahan yang digunakan sebagai pemutih makanan antara lain : kalium bromat ( KbrO4), kalium iodat (KIO4), benzoil peroksida, natrium bisulfat, dan asam askorbat. Bahan ini bekerja dengan cara mengoksidasi pigmen karotinoid ( xantofil ) menjadi bahan yang tidak berwarna.
6. Pewangi Pakaian
Bahan yang digunakan untuk membuat pewangi pakaian antara lain : amonium klorida kuartener, dimetil tallow amonium sulfat atau coconut oildietanolamin.
7. Pembasmi Serangga
Bahan yang digunakan untuk membuat pembasmi serangga adalah DDT ( dikloro difenil trikloroetana )  yang mengandung tidak kurang dari 50% p.p dikloro 2.2 difenil 1.1.1 trikloroetana hablur kuning. Jenis insektisida lain adalah DDX, DDD, dan DCPA.

B. Bahan Kimia dalam produk Obat-obatan
1. Obat Flu
Obat flu mengandung acetaminophen atau paracetamol ( N-acetyl-para-amino-phenol atau para-acetyl-amino-phenol )
2. Obat batuk mengandung senyawa dextromethropan hydrobromide.

C. Bahan kimia dalam produk cat
Bahan kimia yang digunakan untuk cat berupa asam akrilat.

D. Bahan Kimia produk Pupuk
Dalam pupuk   terdapat  unsur  kimia antara lain :  nitrogen ( N ), fosfor ( P ), dan kalium ( K ). Pupuk yang biasanya dibuat oleh industri pupuk antara lain : NPK, urea ( CO(NH2)2, ZA (zwavelzuur ammonium) atau amonium sulfat ( (NH4)2SO4 ),superfosfat (Ca(H2PO4)2 ), dan kalium ( K2SO4 atau KCl ).

E. Pewarna Makanan
Warna dapat memberikan daya tarik pada makanan. Pewarna tambahan yang berasal dari alam seperti kunyit, daun pandan, angkak, daun suji, coklat, wortel, dan karamel. Zat warna sintetik ditemukan oleh William Henry Perkins tahun 1856, zat pewarna ini lebih stabil dan tersedia dari berbagai warna. Zat warna sintetis mulai digunakan sejak tahun 1956 dan saat ini ada kurang lebih 90% zat warna buatan digunakan untuk industri makanan.  Salah  satu contohnya adalah tartrazin, yaitu pewarna makanan buatan yang mempunyai banyak macam pilihan warna, diantaranya Tartrazin CI 19140.  Selain tartrazin ada pula pewarna buatan, seperti sunsetyellow FCF (jingga), karmoisin (Merah), brilliant blue FCF (biru).

F. Bahan kimia dalam produk perekat
    Bahan kimia untuk produk perekat berupa cyanoacrylate
Sumber :
1. BSE Belajar IPA kelas 8, Saeful Karim,dkk,  Pusat Perbukuan, 2008
2. Ringkasan dan Bank Soal untuk SMP, Nunung Nurhayati, S.Pd, CV Yrama Widya, 2007
3, Kumpulan Soal Prediksi UN 2012


PREDIKSI SOAL UN IPA SMP/MTS 2013

1.   Materi berikut yang merupakan molekul senyawa adalah ....
A. logam emas                    C. gas nitrogen
B. gas oksigen                     D. air

2.   Perhatikan data berikut ini !
      1. proton 
      2. elektron
      3. netron
      4. ion
      Bagian Inti atom terdiri dari ....
A. 1 dan 2                               C. 3 dan 4
B. 1 dan 3                               D. 4 saja

3.   Rumus kimia berikut yang merupakan molekul senyawa adalah ....
A. O3                                  C. Cl2
B. Co                                  D. HCl

4.   Rumus kimia berikut yang termasuk molekul unsur adalah ....
A. O2                                  C. KNO3
B. Co                                  D. HCl

5.  Ion yang bermuatan negatif disebut ....
A. anion                              C. proton
B. kation                             D. molekul

6.   Ion kalium yang bermuatan positif satu (K+) jika berikatan dengan satu ion klorida yang bermuatan negatif satu (Cl) akan membentuk senyawa dengan rumus ....
A. KCl                                  C. K2Cl
B. KCl2                                D. K2Cl3

7.   Lelehan gula putih tidak menghantarkan listrik, sedangkan lelehan garam dapur (cair) dapat menghantarkan listrik. Hal ini disebabkan karena ....
A. gula merupakan unsur bukan logam
B. gula merupakan senyawa
C. garam dapur tersusun dari partikel bermuatan
D. garam dapur merupakan senyawa

8.   Pernyataan yang tidak benar tentang asam askorbat atau vitamin C yang memiliki rumus kimia C6H8O6 adalah ....
A. pada tiap molekulnya terdapat tiga macam atom unsur
B. pada tiap molekulnya terdapat 20 buah atom unsur
C. partikel terkecilnya berupa atom
D. partikel terkecilnya berupa molekul

9.   Pernyataan yang benar tentang garam dapur yang memiliki rumus kimia NaCl adalah ....
1. pada tiap molekulnya terdapat empat macam unsur
2. mengandung ion positif satu dan ion negatif satu
3. partikel terkecilnya berupa molekul unsur
4. terbentuk dari gabungan unsur logam alkali dan unsur golongan halogen
Pernyataan yang benar tentang garam dapur yang memiliki rumus kimia NaCl adalah ....
A. 1 dan 2                           C. 2 dan 4
C. 1 dan 3                           D. 3 dan 4

10. Rumus kimia 2H2 menyatakan ....
A. 2 atom H                         C. 2 molekul H
B. 2 atom H2                        D. 2 molekul H2

11. Molekul senyawa terdapat dalam zat dengan rumus kimia ....
A. N2                                   C. CO2
B. Co                                   D. O2


12. Perhatikan gambar berikut !
     
Molekul unsur ditunjukkan oleh gambar nomor ….
A.  1 dan 3                           C.  2 dan 3
B.  1 dan 4                           D.  2 dan 4

13. Unsur belerang atau sulfur ( S ) terkandung dalam pupuk jenis ….
A. NPK                                 C. Super fofat
B. Urea                                D. Zwavelzuur ammonium( ZA)

14. Gambar berikut yang dapat menunjukkan molekul senyawa NaCl adalah ….
   
15. Molekul senyawa yang digunakan dalam produk detergen berupa ….
A. amonium sulfat               C. dekstrometthorfan
B. acetaminophen               D. natrium alkil benzena sulfonat

16. Rumus senyawa yang dibentuk oleh ion NH4+ dengan CO32-  adalah ….
A. NH4CO3                            C. NH4(CO3)2
B. (NH4)2CO3                         D.(NH4)3(CO3)

17. Perhatikan gambar berikut !
   
Molekul senyawa ditunjukkan oleh gambar nomor ….
A. 1) dan 2)                         C. 2) dan 3)
B. 1) dan 3)                         D. 3) dan 4)

18. Senyawa kimia yang terkandung dalam obat flu dan berfungsi untuk menghilangkan demam, sakit kepala, dan rasa nyeri adalah ….
A. asam akrilat                    C. paracetamol
B. cyanoacrylate                  D. dekstromethorfan

19. Perhatikan bahan kimia berikut ini !
     1. kalsium gliserofosfat
     2. natrium fluorofosfat
     3. natrium dozesil sulfat
     4. dimetil tallow amonium sulfat

     Bahan kimia yang terdapat dalam pasta gigi adalah ....
     A. 1 dan 2
     B. 1 dan 3
     C. 2 dan 3
     D. 3 dan 4


20. Perhatikan gambar berikut !





Rumus molekul yang dapat ditunjukkan dengan gambar tersebut adalah ….
A. H2O                                 C. CaCO3
B. NaCl                                D. H2SO4 

     

1. D           6. A             11. C            16. B
2. B           7. C             12. A            17. D
3. D           8. D             13. D            18. C
4. A           9. C             14. A            19. A
5. A          10. D            15. D            20. A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar